oleh

Gelar Media Gathering, KPU Minut Sosialisasikan Pemungutan Suara di Masa Pandemi

Airmadidi,Fajarmanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Minahasa Utara menggelar media gathering guna mensosialisasikan pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah di masa Pandemi Covid-19 kepada kepada  awak media, di KNT restoran, Jln Soekarno, Jumat (20/11).  

Komisioner KPU Minahasa Utara divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Hendra Lumanauw MA mengatakan, pelaksanaan pemungutan suara dimasa pendemi berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Selain harus mematuhi protokol kesehatan, pemilih akan dijadwal untuk datang kelokasi pemungutan suara guna menghindari kerumunan.

“Berbeda dengan tata cara pemungutan suara pada pesta demokrasi sebelumnya, kali ini ada sejumlah hal baru yang harus ditaati pemilih. Di antaranya wajib pakai masker, pakai sarung tangan, menjaga jarak, mencuci tangan, dan pengaturan waktu pencoblosan masyarakat agar tidak terjadi kerumunan,” jelas Lumanauw.

Senada dikatan komisioner KPU divisi hukum dan teknis penyelenggara Darul Halim SH melalui video daring, menurutnya terkait protap pemungutan suara dimasa pandemi, pihak KPU akan menyelenggarakan simulasi pengumutan suara di beberapa desa dengan melibatkan masyarakat setempat guna mempromosikan tempat pemungutan suara aman dari pandemi Covid-19.

“Kita akan melaksanakan simulasi guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang protap pemungutan suara dimasa pandemi covid – 19 ini.”kata Halim.

ia melanjutkan petugas TPS menggunakan APD, seperti masker, face shield, dan sarung tangan. Selain itu, TPS akan menyediakan tempat cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun dan setiap dua jam sekali disemprot disinfektan dihitung sejak TPS dibuka pukul 07.00 Wita. 

Penandaan tinta pun tidak dicelupkan tetapi diteteskan. Ada juga fasilitas bilik khusus bagi pemilih yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat Celsius,”pungkas Halim.

penulis : Joel Polutu

News Feed