oleh

Coklik Data Pemilih Tomohon Berakhir, Ini Kata Harryanto Lasut

Tomohon, Fajarmanado.com – Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih Pilkada serentak 2020 di Kota Tomohon telah berakhir.

Pemutakhiran data pemilih oleh oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon melalui Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), yang dimulai 15 Juli 2020 tuntas pada Kamis (13/8/2020).

Namun, proses coklit, tidak berjalan mulus. Komisioner KPU masih juga menerima sejumlah laporan dari PPDP tentang kendala yang ditemui saat melakukan Coklit.

Baca Juga :  KPU Kota Tomohon Audiensi dengan Pemerintah Kota Tomohon

‘’Ya, kendala seperti ini memang banyak ditemui setiap ada pesta demokrasi. Ini dikarenakan data pemili terus mengalami perubahan,’’ kata Ketua KPUD Tomohon Drs. Harryanto Lasut, MAP.

Kendala-kendala yang ditemui di lapangan, antara lain, tidak berada di tempat saat didatangi petugas, ada yang sudah memiliki hak pilih seperti pensiun dari TNI atau Polri namun KTP belum berubah karena belum melaporkannya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, sudah memiliki hak pilih namun belum merekam KTP-El.

Baca Juga :  KPU Kota Tomohon Audiensi dengan Pemerintah Kota Tomohon

Meski demikian, Lasut mengungkapkan coklit berakhir sesuai dengan harapan sehingga perekapan data pemilih untuk Daftar Pemilih Sementara (DPS) sudah bisa dilakukan di tingkat PPK dan KPU.

Penulis: Jerry Michael

News Feed