oleh

30 Keluarga di Desa Buku Utara Akan Direnovasi Lewat Program BSPS

Belang, Fajarmanado.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Mitra memberikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Sekira 30 masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ada di desa Buku Utara kecamatan Belang menerima bantuan BSPS tersebut atau biasa dikenal bedah rumah.

“Desa Buku Utara menjadi satu desa di kecamatan Belang yang menerima bantuan bedah rumah lewat program BSPS Tahun ini,” ujar Hukum Tua Buku Utara Rio Esto Lembong.

Lebih lanjut menurut lembong bantuan tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) di Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Tahun 2020.

Baca Juga :  Rine Komansilan Resmi Jabat Kepala BKPSDM Mitra

Sementara beberapa prinsip pelaksanaan BSPS adalah masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan rumah, kegotongroyongan, dan keberlanjutan kegiatan.

“Total bantuan BSPS ini sebesar 17,5 juta rupiah dengan rincian 15 juta rupiah bantuan dalam bentuk bahan bangunan, sedangkan 2,5 juta rupiah sisanya untuk upah tukang,” jelas lembong.

Adapun Berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 07/PRT/M/2018, BSPS merupakan bantuan pemerintah bagi MBR untuk mendorong dan meningkatkan keswadayaan dalam peningkatan kualitas rumah dan pembangunan baru rumah, beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum.

“Sedangkan syarat penerima bantuan ini harus sudah berkeluarga, memiliki tanah sah dan punya legalitas tanah, memiliki rumah satu-satunya, dan belum pernah memperoleh bantuan perumahan swadaya, serta bersedia membuat surat pernyataan,” tukas lembong.

Baca Juga :  Sanksi Tegas Menanti Bagi ASN Dan THL Yang "Kumabal"

Dia memastikan masyarakat yang akan menerima bantuan tersebut sudah melewati proses verifikasi.

“Penerima bantuan ini sudah melewati proses verifikasi yang dilakukan oleh tim, sehingga yang menerima adalah mereka yang layak,” ujarnya.

Lembong menambahkan prinsipnya Memastikan akan ada petugas pendamping dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Nantinya, akan ada pendamping disiapkan, sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat kegiatan,” tandasnya.

Penulis : Didi Gara

News Feed