oleh

LPM Kawangkoan Kaget, DPD LPM Minahasa Sudah Terbentuk

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) 10 kelurahan di Kecamatan Kawangkoan dan Kawangkoan Utara menyatakan kaget DPD LPM Minahasa sudah terbentuk.

“Wah, so ada kote DPD LPM Minahasa, kang. Ini sudah dilantik kemarin,” komentar Ventje Mawuntu, SE, Ketua LPM Kelurahan Kinali kepada Fajarmanado.com di Kawangkoan, Jumat (7/8/2020).

Tak hanya Ventje, yang juga anggota DPRD Minahasa ini, yang terkejut mengetahui kabar pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LPM Minahasa di Aula Benteng Moraya Tondano, Kamis (6/8/2020) kemarin.

Sejumlah Ketua LPM Kelurahan lainnya di Kecamatan Kawangkoan dan Kawangkoan Utara, juga mempertanyakan keabsahan pembentukan DPD LPM Minahasa tersebut.

Mereka, antara lain, Drs. Eddy Ruata (Sendangan Tengah), Drs. Jhonnly Laloan (Uner), Drs. Benny Pangaila (Talikuran Utara), Deki Walangitan (Uner Satu) dan Ketua LPM Kelurahan Sendangan Selatan, Herly Umbas.

Mereka pun senada mempertanyakan mekanisme pembentukan Pengurus DPD LPM Minahasa maupun Sulawesi Utara (Sulut).

“Apa dasar regulasi yang dipakai pembentukan DPD LPM provinsi dan kabupaten kota dewasa ini. Bagaimana mekanismenya, apakah hanya ditunjuk atau dipilih langsung oleh anggota, seperti halnya pembentukan LPM kelurahan,” tukas Eddy Ruata, pensiunan ASN yang mantan Kabag Perekonomian Setdakab Minahasa ini.

Ventje Mawuntu tak mau berkomentar lebih soal pembentukan dan pelantikan pengurus DPD LMP Minahasa ini.

“Bagi saya, ini aneh. Tapi, beginilah demokrasi jaman now, atau mungkin LPM kelurahan tidak termasuk. Hanya LPM desa,” ujarnya sambil tersenyum.

Meski demikian, mantan Wakil Ketua DPRD Minahasa berharap pengurus yang terbentuk tidak dimanfaatkan untuk kepentingan politik praktis.

“Sejatinya, tugas LPM untuk menjembatani kepentingan masyarakat dengan pemerintah demi kemaslahatan dan kepentingan rakyat, bukan lain,” tandasnya.

Kabar beredar, DPD LPM Minahasa periode 2020-2025 dilantik di Aula Benteng Moraya Tondano, Kamis, 6 Agustus 2020.

Pelantikan yang diawali pembacaan SK oleh DPD LPM Sulut, Mody Pinontoan dihadiri Sekdakab Frits Muntu, SSos, Asisten Administrasi Umum, Vicky Tanor, Kadis Kesehatan dr. Maya Rambitan, MKes dan Kaban Kesbangpol, Jani Moniung.

Penulis: Jerry Michael

News Feed