oleh

Hebat..! SMA N 1 Modoinding Terapkan E-Learning, Masengi Harap Siswa Tingkatkan Prestasi

Modoinding, Fajarmanado.com – Di era globalisasi seperti saat ini, segala aspek kehidupan dituntut untuk semakin maju dan berkembang, bahkan menjadi sesuatu yang wajib dalam semua aspek kehidupan, salah satunya pada aspek pendidikan.

Dalam menunjang pembelajaran dengan menggunakan sistem elektronik, beberapa sekolah menengah perupaya melakukan berbagai terobosan dalam bidang tegnologi. Hal itu pula yang dilakukan Sekolah SMA Negeri 1 Modoinding, Minahasa Selatan (Minsel).

Sekolah dibawah Pimpinan Kepala Sekolah (Kepsek) Noldy Masengi itu berhasil mengembangkan teknologi dengan memanfaatkan sistem E-Learning, pelaksanaan ujian semester dan kenaikan kelas beberapa waktu lalupun telah dilaksanakan dengan berbasis smartphone.

“Jadi semua Terobosan yang berhasil di capai ini merupakan kerjasama guru-guru karena sekolah ini memiliki tenaga ahli dalam bidang IT, juga dukungan penuh dari orangtua murid,” ungkap Kepsek Masengi kepada media ini di SMA N 1 Modoinding, Kamis (06/08/2020).

Lebih lanjut di jelaskan Masengi, keuntungan penggunaan aplikasi tersebut dapat memudahkan siswa saat belajar, membantu tugas guru, salah satunya dalam memeriksa nilai tentunya lebih cepat atau tidak memakan waktu lama seperti sebelunya, juga dapat menghemat anggaran karena semua sudah melalui digital.

“Tentunya dengan adanya fasilitas menunjang dapat mendorong pembelajaran apalagi dalam masa pandemi Covid-19 saat ini. Saya juga berharap para siswa dapat meningkatkan prestasinya sehingga bisa mengharumkan nama sekolah sampai ke tingkat nasional,” harap Masengi.

Sementara itu Toar Pondaag selaku guru sekaligus operator tenaga ahli bidang IT di sekolah ini mengungkapkan, untuk pengembangan sistem ujian berbasis Smartphone dikembangkan sudah sejak tahun 2016, tapi secara bertahap.

“Ya, dimulai tahun 2016 dengan cara bertahap dari satu kelas, lalu satu angkatan dan pada tahun 2018 dilaksanakan ful meski masih menggunakan jaringan lokal, selanjutnya 2019 sampai saat ini kami sudah menggunakan jaringan online yang lebih luas,” beber Pondaag.

Penggunaan sistem pembelajaran tersebut juga mendapat dukungan dari orangtua murid, sehingga semua prosesnya bisa berjalan lancar.

Diketahiu Sekolah SMA N 1 Modoinding ini merupakan yang pertama melakukan terobosan dengan melaksanakan ujian berbasis smartphone di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

(Prokla)

News Feed