Deisy Soputan Sebut Tiga Tugas Bawaslu Butuh Dukungan Semua Pihak

Tomohon, Fajarmanado.com —Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) memegang tiga tugas utama, yakni pencegahan, pengawasan dan penindakan.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan mengatakan hal tersebut saat membuka Sosialisasi Tatap Muka Dalam Rangka Pengawasan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020 di Grand Master Resort Tomohon, Rabu (5/8/2029).

Tiga tugas tersebut, lanjutnya, sangat berat sehingga butuh dukungan semua pihak.

“Untuk itu dibutuhkan kerjasama dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda dalam rangka pengawasan, agar Pilkada saat ini dapat berlangsung secara berkualitas yakni meminimalisir pelanggaran-pelanggaran dalam tahapan pilkada,” katanya.

Menurut dia, edukasi penyelenggaraan pemilu sangat penting disosialisasikan kepada masyarakat, apalagi saat ini pemilu berada dalam situasi pandemi Covid 19.

Sementara, Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga Bawaslu Kota Tomohon Irvan Dokal mengungkapkan bahwa sosialisasi ini bertujuan agar seluruh elemen, di dalamnya para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh kepemudaan untuk dapat melibatkan dalam segala tahapan pengawasan khususnya di lingkungan sekitar untuk mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas dan berintegritas.

“Kami berharap peserta dapat memberikan peran yang lebih kepada masyarakat dalam hal sosialisasi dan edukasi, karena sangat mengetahui kondisi lingkungan masyarakat itu sendiri,” imbuhnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Sekretaris Bawaslu Kota Tomohon Vernon Mamuaja bersama peserta dari unsur tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Penulis: Jerry Michael