oleh

Stenly Kowaas: Penting Vagi KPU Untuk Memberikan Sosialisasi Kepada Berbagai Stakeholder Masyarakat

Tomohon, Fajarmanado.com – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terus dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon. Pada hari Rabu (05/8/2020) ini dilakukan Rapat Koordinasi serta Sosialisasi Pencalonan dan Syarat Calon dalam Pemilihan Walikota/Wakil Walikota (Wali-Wawali).

Ketua KPU Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP melalui Komisioner Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Kowaas SP mengatakan, kegiatan ini melibatkan para stakeholder dan jajaran Muspida. Tujuannya, menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini, KPU akan membuka pendaftaran pasangan calon Wali-Wawali.

“Terkait itu, penting bagi KPU untuk memberikan sosialisasi kepada berbagai stakeholder masyarakat. Khususnya, syarat-syarat calon dan syarat pencalonan. Karena itu kami mengadakan Rakor dan sosialisasi secara intensif mulai hari ini.” ujar Kowaas.

Adapun syarat-syarat calon maksudnya, di antaranya berusia minimal 25 Tahun, ijasah terakhir, tidak punya catatan kriminal dari kepolisian. Terkait protokol Covid-19, para calon akan diperiksa kesehatannya. Untuk itu, dalam Rakor dan sosialisasi ini, pihaknya mengundang unsur Dinas Kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia di Kota Tomohon.

“Sedangkan syarat pencalonan, itu dari partai politik. Misalnya SK (surat keputusan) penetapan pasangan calon dari partai politik a, b, c ataupun gabungan partai politik abc. Partai harus melampirkan SK kepengurusan yang sah dari DPP,” kunci Kowaas.

Diketahui, tampil selaku narasumber Rakor dan Sosialisasi ini, Ketua KPU Sulawesi Utara, Ardiles MR Mewoh. Hadir pula utusan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Badan Pengawas Pemilu Kota Tomohon.

News Feed