oleh

Cuaca Ekstrim, Bupati Eva: BPBD Harus Responsif, Camat Mobile

Ondong, Fajarmanado.com — Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen mengimbau masyarakat harus senantiasa mewaspadai cuaca ekstrim.

Bupati Eva,  sapaan familiar Evangelian Sasingen mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi lebih sepekan terakhir,  harus diwaspadai semua pihak. Masyarakat maupun jajaran pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro.

“Sudah satu minggu lebih curah hujan cukup tinggi, jadi kami harap masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap kondisi cuaca ekstrim ini,” katanya.

Tekstur Sitaro berbukit, bertebing dan ngarai berpotensi bencana longsor makanya harus terus diwaspadai.

Bupati Eva pun mengingatkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan jajaran untuk peka dan responsif dengan meningkatkan kesiapsiagaan.

“Pastikan seluruh wilayah terpantau dan terantisipasi baik,” tandasnya menlaui rilis Kabag Prokopim Setdakab Sitaro, Theo Umbas, SSTP yang diterima Fajarmanado.com, Senin sore (6/7/2020).

Bupati Eva juga menginstruksikan para camat untuk tidak tinggal di tempat. Harus mobile, turun lapangan cek wilayah dan meningkatkan koordinasi dengan Para Lurah, Opo Lau dan Kapitalau serta BPBD.

“Camat jangan hanya menunggu ato bakurung di Kantor. Pantau langsung situasi seluruh kampung di wiilayah kerja masing-masing dan mengaktifkan handphone satu kali. 24 jam supaya koordinasi berjlan baik,” tandasnya.

“Saya minta BPBD untuk melaporkan dan mensosialisasikan kondisi cuaca terkini kepada masyarakat. Terutama langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan masyarakat dalam mengantisipasi bencana yang mungkin terjadi, karena keselamatan warga harus menjadi prioritas,” sambungnya.

Bupati Eva mengtarakan hal tersebut karena Kabupaten Sitaro merupakan daerah rawan bencana alam. Ada banjir bandang, banjir lahar dingin, angin puting beliung, tanah longsor, gelombang tinggi serta gunung api.

Bupati perempuan pertama di negeri 47 pulau ini juga berharap warga masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran dari pemerintah dan gugus tugas terkait penanganan pandemi Covid 19.

“Mari kita terus menerapkan protap kesehatan standar. Yaitu, pakai masker apabila ke luar rumah, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” pintanya mengingatkan.

Penulis: Maxi Heru

News Feed