oleh

Naik Jadi Rp.2 Juta, Pemkot Tomohon Serahkan Santunan Duka Secara Massal

Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menyerahkan santunan duka secara massal di Anugerah Hall Tomohon kompleks Kantor Wali Kota, Kamis (2/7/2020).

Tercatat ada 31 ahli waris menerima santunan duka yang diserahkan Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon, Ir. Harold Lolowang, MSc mewaliki Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE.Ak, CA.

Satu ahli waris yang meninggal dunia pada akhir tahun 2019 dan 30 ahli waris meninggal dunia sepanjang tahun 2020. Jika ahli waris meninggal dunia tahun 2019 hanya sebesar Rp.1 juta, maka yang meninggal tahun 2020 ini naik jadi Rp.2 juta.

Sekkot Harold Lolowang menjelaskan, perbedaan nilai santunan tersebut berdasarkan perubahan keputusan wali kota. Nomor 163 tahun 2019, besaran santunan duka Rp.1 juta dan nomor 22 tahun 2020, penetapan santunan duka tahun anggaran 2020 menjadi Rp.2 juta.

Wali Kota Jimmy Eman dalam sambutannya yang dibacakan Sekkot Harold. lolowang mengatakan bahwa PemkotTomohon terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon.

Baca Juga :  Wali Kota Jimmy Eman Ikut Webinar dengan Menteri Nadiem Makarim

Seperti kepedulian dan perhatian melalui pemberian santunan duka bagi warga masyarakat Kota Tomohon yang ditimpa dukacita. “Santunan duka ini untuk membantu biaya pemakaman atau kremasi,” katanya.

Dikatakan, santunan duka di tahun 2020 mengalami peningkatan jumlah besaran santunan dari Rp. 1 juta di tahun 2019 meningkat menjadi Rp.2 juta di tahun 2020 ini.

Peningkatan besaran santunan duka pada tahun 2020 ini, lanjut wali kota, merupakan komitmen Pemerintah Kota Tomohon untuk melayani dan membantu setiap komponen dalam masyarakat Kota Tomohon.

Wali Kota Jimmy Eman mengajak semua warga untuk semakin kompak dalam memajukan Kota Tomohon.

Menyinggung persyaratan menerima santunan duka, Jimmy Eman menyebut ada enam berkas yang harus dilengkapi.

Pertama, permohonan tertulis dari ahli waris yang ditujukan kepada Wali Kota cq Kepala BKPD Kota Tomohon selaku PPKD.

Baca Juga :  Ibadah Bersama Pekan Ini, Wali Kota Jimmy Eman Ingatkan Terapkan Protokol Kesehatan

Dua, fotocopy KTP dan KK dari orang yang meninggal atau surat keterangan telah terdaftar di database pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon.

Tiga, fotocopy kutipan akte kematian atau surat keterangan kematian dari kelurahan, khusus anak yang meninggal kurang dari 60 hari setelah kelahiran dan belum dilaporkan kelahirannya tetapi orang tuanya adalah penduduk Kota Tomohon.

Empat,foto Copy KTP dan KK ahli waris dari yang meniggal dunia.

Lima, surat pernyataan ahli waris dengan mengetahui lurah. “Dan ke enam, surat pernyataan tanggung jawab,” ungkapnya.

Penyerahan santunan duka yang menerapkan protokol kesehatan tersebut, dihadiriAsisten Administrasi Umum Setdakot Tomohon Drs. Octavianus.DS Mandagi dan Kepala Badan (Kaban) Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (PKPD) Kota Tomohon Drs. Gerardus E Mogi.

Penulis: Prokla Mambo

Editor : Jerry Michael

News Feed