oleh

Tomohon Siapkan 7 Sektor Ikut Lomba Inovasi Daerah Covid 19

Tomohon, Fajarmanado.com — Kota Tomohon mempersiapkan tujuh sektor dalam lomba Inovasi Daerah tingkat nasional dengan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi coronavirus disease atau Covid 19.

Kesiapan Kota Tomohon tersebut terungkap dalam Rapat Lomba Inovasi Daerah yang dipimpin Sekretaris Kota (Sekkot) Ir. Harold Lolowang, MSi di ruangan Command Center Pemerintah Kota Tomohon, Rabu (3/62020).

Rapat yang dihadiri jajaran Pemerintah Kota (Pemkot)Tomohon ini merupakan tindak lanjut dari radiogram Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 440/3300/SJ tentang Lomba Inovasi Daerah dalam menghadapi New Normal Life pada situasi pandemi Covid 19

Mendagri Tito Karnavian dalam sambutannya saat video conference pada Jumat, 29 Mei 2020 menuturkan bahwa saat ini bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada krisis baru yaitu pandemi Covid 19. Pemerintah pusat telah membuat skenario-skenario untuk mengatasi pandemi Covid 19 ini.

Baca Juga :  Hore..! Siswa, Guru dan Dosen Dapat Bantuan Pulsa Selama Empat Bulan

Semua bidang bergerak untuk menyusun protokol-protokol agar seluruh masyarakat aman dari Covid 19 tapi aktivitas tetap produktif.

Fokus lomba inovasi ini adalah menyongsong tatanan normal baru. Untuk itu diharapkan lewat lomba  Inovasi Daerah ini, daerah dapat membuat protokol sekaligus simulasi yang dapat dilihat dengan cara membuat video.

Tim juri dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Gugus tugas covid-19, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan.

Output lomba dalam bentuk video yang bisa menggambarkan protokol kesehatan dijalankan. Misalnya, bagaimana semua orang itu memakai masker, lalu ada tempat cuci tangan, pembagian hand sanitizer atau sarung tangan untuk yang memberikan pelayanan dan seperti apa pengaturan dalam memastikan jaga jarak itu dipatuhi.

Baca Juga :  Wali Kota Eman dan Sekkot Lolowang Melayat di Rumah Duka Marthen Gosal

Sekkot Harold Lolowang mengatakan bahwa Pemkot Tomohon akan ikut serta dalam lomba inovasi daerah ini dengan mengoptimalkan penilaian dari tujuh sektor.

Ke tujuh sektor yang harus dipenuhi tersebut adalah pasar tradisonal C-19, pasar modern C-19, restoran C-19, hotel C-19, Pelayanan Terpadu Satu Pintu C-19, Tempat Wisata C-19 dan Transportasi umum C-19.

Oleh karena, Lolowang mengatakan,  Pemkot Tomohon mengharapkan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat sehingga inovasi ini dapat terlaksana dengan sukses.

Penulis: Jerry Michael

News Feed