oleh

Disdukcapil Tomohon dan PT Pos Indonesia Teken Kerjasama

Tomohon, Fajarmanado.com — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) meneken kerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero), Jumat (24/4/2020).

Penandatanganan perjanjian kerjasama Pengiriman Dokumen dan Paket tersebut berlangsung di Command Center Kota Tomohon, disaksikan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidi Eman, SE.Ak, CA melalui media virtual dari rumah kediaman wali kota.

Penandatanganan dilakukan oleh Kadis Dukcapil Albert J. Tulus, SH dan Kepala Kantor Pos Manado Temmy Talinusa, disaksikan langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, MSc dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Lainnya.

Ikut menyaksikan melalui melalui virtual, Kasubid Keamanan Informasi Korwil IV Sulut Ditjen Dukcapil Adjrun Rahmad, M.Eng.

Kadis Dukcapil Albert J. Tulus, SH melaporkan, Pelayanan Online Dukcapil Kota Tomohon, bisa lewat, Aplikasi Android e-Dukcapil Tomohon, Pelayanan melalui WhatsApp, Website disdukcapil.tomohon.go.id dan Facebook Dukcapil Tomohon.

Baca Juga :  Ikut Rakernas Akutansi, Jimmy Eman Terima Penghargaan Tomohon WTP Lima Kali Berturut

Sedangkan Layanan Tanda Tangan Elektronik Dukcapil Kota Tomohon, antara lain, Kartu Keluarga, Biodata WNI, Akta Kelahiran, Akta Kematian, SKPWNI.

“Layanan Terintegrasi sudah dilaksanakan untuk penerbitan semua dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” ujarnya, sambil menyebut bahwa Sisa Blanko KTP Elektronik yang ada saat ini sebanyak 4.710 keping.

Soal kerjasama dengan PT Pos Indonesia, Albert Tulut mengungkapkan bahwa dalam rangka pendistribusian dokumen kependudukan yang sudah selesai dicetak oleh Dinas Dukcapil.

Dokumen kependudukan yang selesai dicetak tersebut selanjutnya diantar langsung oleh PT Pos Indonesia kepada masyarakat yang ada di Kota Tomohon.

Baca Juga :  Stevy Pijoh Jadi Sekretaris Banwas, Johannes Tumurang Plt Dirut PDAM Tomohon

Wali Kota Jimny Eman mengapresiasi kerjasama Disdukcapil dengan PT Pos Indonesia ini.

Penyelenggaraan pelayanan urusan administrasi kependudukan, tidak hanya menjadi domain tunggal Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil semata.

Untuk memberi pelayanan prima dan lebih efektif butuh pelibatan pihak lain melalui kerjasama atau kolaburasi.

Wali Kota Jimmy Eman pun menunjuk perjanjian kerjasama Disdukcapil dengan PT Pos Indonesia, yang jasanya dibutuhkan untuk mendistribusikan dokumen kependudukan warga KotanTomohon.

Wali Kota berharap kiranya kerjasama ini akan menjadi momentum yang tepat dan strategis bagi pelaksanaan tugas di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

“Terutama adalan upaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Tomohon,” ujarnya.

Penulis: Jerry Maikel

News Feed