oleh

Tangkal Covid 19 Masuk Sitaro, Bupati Ingatkan Padukan Terus Gerak Langkah

Tagulandang, Fajarmanado.com — Tim Gugus Covid 19 Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara terus merapatkan barisan dengan segenap stakeholder.

Faktanya, dipimpin langsung ketuanya, Bupati Evangelian Sasingen, Tim Gugus Tugas Covid 19 kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), Jumat (17/4/2020).

Rakor yang digelar di Tagulandang kali ini, dihadiri Wakil Bupati John Palandung, Kapolres AKBP Hansjen Ratag, Kadis Diknas, Kadis Kominfo, Kabag Prokopim, Kabag Ekonomi, Para Camat Se Tagulandang, Unsur TNI dan Polsek serta para perangkat desa.

Bupati Evangelian kembali mengingatkan supaya semua personil tim dan stakeholder terkait dan relawan harus padukan terus gerak langkah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid 19 ini.

“Koordinasi Pelaksaaan tugas harus baik dengan unsur terkait lainnya. Tim gugus tugas harus koordinasi baik, jangan jalan sendiri-sendiri, harus jalan bersama,” paparnya.

Baca Juga :  Brimob Polda Maluku 'Hujani' Kota Ambon dengan Cairan Disinfektan

“Setiap langkah kebijakan, langkah operasional harus terkoordinasi dengan baik,” sambung dia menandaskan.

Ia meminta tim dan stakeholder terkait agar tak jenuh-jenus mensosialisasikan program social distancing dan physical distancing kepada masyarakat.

Apabila tidak mendesak, tinggal di rumah saja. Jika mengharuskan ke luar rumah, harus pakai masker dan senantiasa menjaga jarak dari orang lain.

“Terus sosialisasikan pula kepada saudara-saudara kita di luar daerah agar tidak mudik, jangan dulu pulang rumah. Bagi yang datang harus isolasi mandiri selama 14 hari,” ujarnya.

Ia juga mengingatkan pengawasan pintu masuk wilayah Siau, Tagulandang dan Biaro harus terus ketat.

Baca Juga :  Aktif Cegah Corona, Brimob Maluku Gencar Sosialisasikan Prokes dan Semprotkan Disinfektan

Sedangkan penyediaan rumah singgah, Bupati Evangelian menginstruksikan Kadis PUPR supaya terus dipacu dan dipercepat.

Rumah Singgah ini dipersiapkan bagi mereka yang terkonfirmasi berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang masih berstatus ringan.

“Para kapitalaung dan lurah segera disiapkan Lahan Pekuburan sebagaimana instruksi Gubernur,” katanya. “Ini semua merupakan langkah antisipasi,” tambahnya menegaskan.

Ia menambahkan, Pemkab Sitaro tetap menyediakan stok bahan makanan pokok (bapok) yang setiap saat siap disalurkan melalui operasi pasar.

Seusai Rakor, Bupati Evangelian dan rombongan meninjau keberadaan penataan rumah singgah di Tagulandang.

Penulis: Maxi Heru

News Feed