oleh

Melalui Toa, Minahasa Berdoa Massal Bebas Covid 19

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Gerakkan Bersama Lawan Covid 19 terus ditabuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.

Menggandeng pimpinan semua golongan agama, Doa massal bebaskan negeri dari pamdemi virus corona ini pun dipanjatkan serentak di seluruh wilayah daerah Toar Lumimuut, Sabtu (11/4/2020) siang tadi.

Doa dipanjatkan pimpinan Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) dan atau Bamag (Badan Musyawarah Antar Gereja) dipanjatkan dan berkumandang luas, baik melalui jaringan TV Kabel maupun secara tradisional lewat toa-toa atau pengeras suara yang terpasang di menara-menara gereja.

Bahkan, ada pengeras suara yang sengaja di letakkan di area publik. Semisal, di Jalan 17 Agustus Kawangkoan, depan Kantor Camat dan Terminal Kawangkoan.

Selain para sopir angkutan umum, dan para ojek pangkalan, di kawasan itu kini bermunculan pedagang bumbu dapur dan daging dadakan, karena operasional Pasar Esa Waya Kawangkoan pada setiap hari Sabtu ditutup akibat pandemi Covid 19.

Baca Juga :  Brimob Polda Maluku 'Hujani' Kota Ambon dengan Cairan Disinfektan

Didampingi Camat Eightmi Johanna Moniung, SH dan Staf Khusus Bupati Minahasa, Stefan Supit, SH, Doa dipimpin Gbl Joike Rambitan, STh, Ketua Pimpinan Majelis Sidang (PMS) KGPM Sentrum Kawangkoan.

Tak kurang 15 menit Gbl joike Rambitan memimpin Doa menggunakan pengeras suara. Warga di sekitar pun terpantau khusyuk. Bahkan, sejumlah pemotor dan pengendara mobil pribadi menghentikan kendaraan di jalan dan ikut berdoa.

Usai Doa bersama, Camat Eightmi Moniung mengingatkan masyarakat untuk terus mengikuti anjuran pemerintah dalam upaya memutus matarantai penyebaran Covid 19.

Perkembangan terkini, penyebaran virus corona di Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat. Bahkan, Kota Manado sudah ditetapkan sebagai daerah transmisi, yang penularannya dari orang yang tidak berasal dari daerah pandemi.

Apalagi, satu di antara 13 orang yang positif terpapar, terkonfirmasi warga Minahasa. “Untuk itu, mari torang terus menerapkan jaga jarak dan pakai masker kalau ke luar rumah,” pintanya di bawah sengatan terik matahari.

Baca Juga :  Aktif Cegah Corona, Brimob Maluku Gencar Sosialisasikan Prokes dan Semprotkan Disinfektan
Camat Eightmi Johanna Moniung, SH kembali membagikan masker kepada masyarakat. Ruddy Langie, salahsatu ojek pangkalan menerima masker seusai ikut Doa Bersama Negeri Bebas Covid 19 di Jalan 17 Agustus Kawangkoan, Sabtu (11/4/2020) siang.

Camat Eightmi juga menghimbau masyarakat untuk menghemat pengeluaran keuangan. “Mari kita tanami pekarangan rumah apalagi kebun kita dengan berbagai kebutuhan dapur. Seperti, sayur, bawang, rica (cabe) dan tomat,” paparnya, yang saat itu membagikan masker kepada masyarakat.

Staf Khusus Bupati Minahasa, Stefen Supit mengapresiasi aksi bersama pemerintah dan BKSAUA Kecamatan Kawangkoan dalam menggelar Doa Bersama Lawan Covid 19.

“Gerakkan ini berlangsung pula bersamaan di 24 kecamatan lainnya di Minahasa,” katanya kepada Fajarmanado.com.

Doa bersama ini, lanjut dia, kemungkinan besar akan dilakukan lagi. “Tinggal kita melihat perkembangan pandemi Covid 19,” ujarnya sambil berharap bencana non alam ini segera berakhir dalam waktu dekat.

Penulis: Herly Umbas

News Feed