Buka Sosialisasi Sampah, Djein Rende Harap Kurangi Sampah Plastik

Ratahan, Fajarmanado.com — Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra)Djein Leonora Rende SE. AK, mengajak seluruh warga untuk mulai menggurangi sampah plastik, khususnya yang sekali pakai.

“Permasalahan sampah menjadi tanggung jawab kita semua, makanya saya mengajak warga untuk mulai mengurangi sampah plastik,” katanya ketika membuka sosialiasi pengelolaan persampahan dan pembentukan bank sampah, serta pengendalian pencemaran limbah domestik di Ratahan, Rabu (14/11/2018).

Djein Rende mengatakan, TP-PKK siap menjadi garda terdepan dalam upaya mengurangi penggunaan bahan dan sampah plastik.

“Kami dari PKK siap untuk menjadi garda terdepan bersama dengan pemerintah kabupaten untuk pengelolaan sampah, sehingga dapat tercipta pengelolaan sampah yang mandiri dan berwawasan lingkungan,” jelasnya.

Dia mengingatkan, bahan plastik sekali pakai sangat berbahaya dan mengancam lingkungan, serta mempunyai kontribusi paling besar dalam produksi sampah.

“Penggunaan air dalam kemasan sekali pakai merupakan kontributor sampah plastik terbesar sehingga mengancam lingkungan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Mitra,  Hidup Tommy Soleman mengungkapkan, sosialisasi tersebut melibatkan berbagai latar belakang kelompok masyarakat.

“Masalah persampahan menjadi tanggung jawab semua pihak, sehingga dalam sosialisasi ini kami melihat berbagai kelompok masyarakat,” ujarnya.

Dia menambahkan penanganan masalah sampah menjadi perhatian serius dari pemerintah, dan berharap agar masyarakat mengurangi pengguna produk kemasan plastik sekali pakai.

Penulis : Didi Gara