oleh

Diserang Pria Mabuk, Aiptu Cor Lumpuhkan Buronan Palu dengan Tangan Kosong

Amurang, Fajarmanado.com — Aiptu Corneles ‘Cor’ Kainama, anggota Polres Minahasa Selatan (Minsel), Sulawesi Utara menorehkan prestasi gemilang.

Diserang pria mabuk bertato dengan senjata tajam, Cor akhirnya melumpuhkan seorang buronan kasus pembunuhan yang masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

KS alias Kevin alias Usro, pria 25 tahun, warga Desa Teep, Kecamatan Tenga, Minsel ajang pertandingan Tinju Amatir Porkab Minsel di Pondok Teguh Bersinar Amurang pada Jumat (26/10/2018).

Dalam keadaan mabuk akibat minuman keras (Miras), Kevin berulah membuat keributan. Sontak saja, Aiptu Kor Kainama yang melihat aksi pria mabuk itu, mendekat dan menegur dengan agar Kevin berhenti berulah.

Dasar telah dikuasai miras, tiba-tiba Kevin mengeluarkan senjata tajam jenis pisau yang diselipkan dipinggangnya. Tanpa basa basi, ia pun menyerang Aiptu Kainama.

“Secara refleks, saya pun melakukan gerakan tangkisan dan kuncian, kemudian langsung mengambil pisau dari tangan tersangka,” kata  Aiptu Kor, yang merupakan salah satu instruktur bela diri Polri di Polres Minsel ini kepada wartawan.

Massa yang menyaksikan adegan itu, tak tinggal diam. Meskj telah dikendalikan Aptu Cor, sejumlah pria melayangkan bogem mentah ke bagian wajah dan badan Kevin, yang ke dua tangannya dipenuhi tato ini.

Aiptu Corneles Kainama

“Itu adalah spontanitas. Massa penonton yang marah karena ulah tersangka yang telah membuat keributan apalagi berusaha menyerang saya,” tambah Aiptu Kor, yang dikenal familiar ini.

Beberapa saat kemudian, personil gabungan Polres Minsel tiba dan mengamankan tersangka, kemudian mengevakuasinya ke Polsek Amurang, selanjutnya dipindahkan ke ruang tahanan di Polres Minsel. Situasi area Porkab Minsel pun berangsur kondusif.

“Dari hasil penyelidikan diketahui bahwa tersangka adalah narapidana di Lapas kelas II Palu, Sulawesi Tengah, kasus pembunuhan dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) karena melarikan diri saat bencana alam tsunami pada beberapa waktu lalu,” tambah Cor, yang segera mengikuti pendidikan menjadi Inspektur Polisi ini.

Sementara itu Kapolres Minsel AKBP FX. Winardi Prabowo, SIK, mengapresiasi aksi yang sangat berani oleh Aiptu Corneles Kainama.

“Pak Kor Kainama ini telah menunjukan keberanian, kesigapan, serta tanggap dalam melihat situasi yang saat itu dapat membahayakan keselamatan jiwa banyak orang. Terimakasih dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada Pak Kor, yang telah berhasil melumpuhkan DPO kasus pembunuhan ini,” ujar Kapolres Winardi.

Penulis: Ismail Arjuna

Editor   : Herly Umbas

News Feed