oleh

Jelang Debat kandidat Paslon, KPU Minahasa Cari Moderator

Tondano, Fajarmanado.com – Tahapan kampanye Pilkada serentak tahun 2018 sementara berjalan. Masih dalam tahapan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa sebagai penyelenggara pesta demokrasi di Tanah Toar-Lumimuut ini telah menjadwalkan debat kandidat yang akan diikuti oleh dua pasangan calon (Paslon) yang bakal bertarungn dalam Pilkada Kabupaten Minahasa.

Masing-masing Paslon Ivan Sarundajang – Careig Naicel Runtu (IvanSa – CNR) yang diusung Partai Golkar, Nasdem dan PKPI dan Royke Roring – Robby Dondokambey (RR – RD) yang diusung PDIP, Demokrat, Gerindra dan Hanura.

Dalam ajang debat kandidat ini, tentu membutuhkan moderator. Untuk itu, KPU Minahasa membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjadi moderator dalam hajatan tersebut. Asalkan memenuhi syarat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga :  Cekcok Saat Pesta Miras, Badik Besi Putih Makan Korban, Satu Tersangka Diburu Polisi

Kepada wartawan, Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon mengatakan bahwa pihaknya telah membuka ruang public untuk mengusulkan kandidat moderator.

Sementara syarat-syaratnya antara lain adalah harus berasal dari kalangan profesional ataupun akademisi. “Selain itu moderator harus memiliki integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu Paslon. Juga tidak sebagai tim kampanye, relawan dan pelaksana kampanye. Tidak termasuk dalam kepengurusan partai politik pengusung calon atau partai politik peserta pemilu 2019,” ujar Tinangon, Senin (5/3/3018) tadi.

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes

Lanjutnya, ruang publik untuk mengusulkan calon moderator akan dibuka stampai pada Jumat, 9 Maret 2018 depan.

“Untuk mendapatkan formulir surat pernyataan calon moderator bisa didownload melalui http://www.kpu-minahasakab.go.id atau datang langsung di kantor KPU Minahasa. Sementara bagi masyarakat yang mengusulkan nama calon moderator harus menyertakan identitas diri pribadi berupa KTP elektronik pengusul dan riwayat hidup serta surat pernyataan calon moderator,” jelasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed