oleh

Mabes Polri Cek Kesiapan Polres Minahasa Amankan Pilkada

Tondano, Fajarmanado.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian tetap berkomitmen mewujudkan Pilkada serentak 2018 berlangsung kondusif, aman dan nyaman. Tak heran, Mabes Polri melakukan pengecekkan kesiapan Polres Minahasa menghadapi Pilkada 27 Juni mendatang.

Dipimpin Brigjen Pol Alex Mandalika, Tim Asistensi Mabes Polri menyambangi Mapolres Minahasa di Tondano, Kamis (1/2/2018), siang tadi.Tim disambut Kapolres  AKBP Christ Pusung SIK.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Pusung memaparkan secara umum tentang situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Minahasa yang relatif kondusif, aman dan terkendali.

Sementara Brigjen Pol Alex Mandalika mengungkapkan bahwa sesuai petunjuk Kapolri, dirinya harus melihat kesiapan jajaran Polri dan TNI dalam melaksanakan pengamanan Pilkada yang ada di wilayah masing-masing, terlebih khusus di wilayah hukum Polres Minahasa selama Pilkada berlangsung.

“Terima kasih kepada Kapolres Minahasa yang telah menyiapkan semua kegiatan dalam melaksanakan Pam Pilkada hingga saat ini. Yaitu Menyiapkan semua unsur pasukan dan satuan hingga sampai kewilayahan khususnya Jajaran Polsek dan Koramil dalam menjalakan tugas secara bersama – sama bagi para Babinkamtimas dan Babinsa,” ujar Alex.

Baca Juga :  Deteksi Narkoba, Kapolres Henzly Moningkey Motori Tes Urine

Ia selanjutnya menginstruksikan supaya semua anggota Intelijen yang ada di Polsek-Polsek untuk setiap waktu mengecek semua kegiatan yang berhubungan dengan Politik.

“Antara lain kesiapan anggota Babinkamtibmas dalam melaksanakan kegiatan penyuluhan baik secara door to door maupun kepada semua kalangan masyarakat dan mengarahkan agar adanya koordinasi antra pihak KPU dan Panwas secara bersama dengan Polri dan TNI terhadap semua bentuk rangkaian kegiatan Pilkada yang ada,” jelasnya.

Sementara itu, anggota tim lainya, Brigjen Pol Eddy Napitupulu, MSi meminta supaya aparat keamanan, khususnya Polri agar tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Apalagi aparat keamanan dilarang terlibat politik praktis, tidak adanya keberpihakan oleh anggota terhadap salah satu calon ataupun kandidat, tidak menyalahgunakan wewenang atau fasilitas kepolisian kepada Paslon tertentu.

“Diharapkan agar profesional dalam pelaksanaan tugas. Laksanakan dengan baik, tidak terlibat dalam dunia Medsos maupun pemberitaan media yang tidak benar dan berbau hoax. Jangan membocorkan rahasia Kepolisian kepada salah satu Paslon maupun kepada orang lain. Juga tidak memberikan sponsor ataupun bantuan yang bersifat pribadi kepada salah satu Paslon tertentu, tidak membocorkan akan hasil perhitungan suara dari Kepolisian kepada Paslon tertentu,” ungkap Brigjen Eddy.

Baca Juga :  Hari Pers Nasional, Kapolres Henzly dan AWAM Turun ke Jalan

Hadir dalam kegiatan tersebut, juga Ketua Tim Supervisi Brigjen Pol Alex Mandalika, Brigjen Pol Eddy Napitupulu, Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol Drs Kristono, AKBP Marlin Tawas, AKBP Hansje Ratag, Pejabat Utama Polres Minahasa, para Kapolsek Jajaran Polres Minahasa bersama Sonder dan Tombariri yang ada di wilayah hukum Polres Tomohon serta Kapolsek Tombulu dan Pineleng, wilayah Polresta Manado.

Terpantau hadir pula Bupati Minahasa diwakili Kaban Kesbangpol Drs Jorry Gumansing, mewakili Dandim 1302 Minahasa, Kasdim Mayor TNI M Purba, Ketua Panwas Kabupaten Minahasa Donny Rumagit, komisioner KPU Minahasa Kristoforus Ngatang, Pasi Ops Kodim 1302 Minahasa Kapten Inf Sulistiyono dan para Babinkamtibmas Jajaran Polres Minahasa.

Penulis: Fiser Wakulu

Editor   : Herly Umbas

News Feed