Cari 125 Terbaik, KPU Minahasa Wawancarai Calon Anggota PPK

Caption foto. SERIUS : Salah satu calon anggota PPK saat mengikuti seleksi wawancara.

Tondano, Fajarmanado.com – Seleksi wawancara untuk calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada 2018 Kabupaten Minahasa dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama, Jumat (27/10/2017), hari ini, dijadwalkan bagi 15 kecamatan. Sementara sisa 10 kecamatan lainnya di daerah Toar Lumimuut ini, akan diwawancarai pada Sabtu, (28/10/201) besok. Seleksi akhir ini untuk mencari 125 anggota PPK.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, Meidy Tinangon melalui Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Pemilih, Kristoforus Ngantung mengatakan, seleksi ini adalah lanjutan dari seleksi tertulis yang telah dilakukan sebelumnya untuk menyaring lima calon terbaik yang memiliki kapabilitas, eksistensi dan komitmen tinggi untuk mewujudkan independensi KPU dalam mewujudkan Pilkada yang jujur dan adil.

Berdasarkan hasil seleksi awal, kata Ngantung, setiap kecamatan hanya menyisahkan  sekitar 10 orang untuk ikut seleksi wawancara. Mereka terpilih sesuai dengan  peringkat. “Jadi yang ikut seleksi wawancara ini adalah perigkat 1-10 saat seleksi tertulis,” ujarnya.

Mengenai penilaian seleksi wawacara, Ngantung mengatakan, mengedepankan pengetahuan tentang tata cara pemilihan, eksistensi dan komitmen anggota PPK untuk tetap bersikap dan bertindak sebagai operator regulasi perundang-undangan Pemilu, termasuk Pilkada yang sudah ada.

“Jadi, mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan, teknis perhitungan suara, perhitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghutungan perolehan suara, dan yang tak kalah paling penting memiliki komitmen kuat sebagai operator regulasi yang ada. Kukuh dan teguh dalam bersikap dan bertindak sesuai regulasi yang dikeluarkan pemerintah dan KPU, ” jelasnya.

“Selain itu, calon anggota PPK juga harus mengetahui pengetahuan kewilayaan, rekam jejak calon dan klarifikasi tanggapan masyarakat,” tambahnya.

Ke-15 kecamatan yang para calon anggota PPKnya telah mengikuti tes wawancara hari ini, adalah, Kecamatan Pineleng, Mandolang, Tombariri, Tombariri timur, Tombulu, Tondano timur, Tondano barat, Tondano Selatan, Tondano utara, Remboken, Eris, Kombi, Lembean timur, Kakas dan Kakas Barat.

Sedangkan 10 kecamatan yang dijadwalkan ikut tes wawancara pada 28 Oktober, besok, yakni berasal dari  wilayah Kecamatan Langowan Timur, Langowan Selatan, Langowan Barat, Langowan Utara, Tompaso, Tompaso Barat, Kawangkoan, Kawangkoan Barat, Kawangkoan Utara dan Sonder, yang kesemuanya berada di daerah pemilihan (Dapil) IV Minahasa.

Pantauan Fajarmanado.com, lima komisioner KPU Minahasa, dipimpin Ketua Meidy Yafet Tinangon mengilir menwawancarai semua calon dari 15 kecatamatan sejak pagi hingga menjelang malam tadi. Beragam pertanyaan dilontarkan. Ada yang mampu menjawab lugas dan tuntas, tapi tak sedikit yang tidak bisa memberikan argumentasi yang jelas. “Hasilnya, kita lihat saja nanti,” komentar Tinangon, sambil mengumbar senyum khasnya.

Penulis : Fiser Wakulu

Editor     : Herly Umbas