Gubernur Olly Ajak Masyarakat Perkuat Semangat Mapalus

Manado, Fajarmanado.com – Gubernur Olly Dondokambey SE mengajak masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) untuk mempererat persatuan dan kesatuan serta kebersamaan dengan semangat Mapalus atau gotong royong.

“Seirama dengan tema “Indonesia Kerja Bersama” yang diusung pada peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), maka seluruh masyarakat Sulawesi Utara harus selalu meneguhkan persatuan serta kebersamaan yang diiringi semangat gotong-royong,” katanya pada Upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Halaman Kantor Gubernur, Kamis (17/08/2017) pagi tadi.

Gubernur pun mengajak semua elemen bangsa di daerah Nyiur Melambai ini untuk semakin menyatukan tekad dan komitmen untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan berbagai program pembangunan.

“Mari kita maknai hari yang bersejarah ini dengan menyatukan tekad dan komitmen kita semua, untuk terus bekerja bersama-sama, bergotong-royong dalam mengimplementasikan serta mendukung setiap misi dan berbagai program pembangunan yang telah ditetapkan,” katanya dalam sambutan yang dibacakan Kepala Biro Organisasi, Farly Kotambunan, SE.

Disamping itu, lanjut Olly, menjadi kewajiban juga bagi kita, sebagai generasi penerus bangsa untuk terus mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif.

“Kita lakukan upaya-upaya konstruktif dan inovatif di segala bidang pembangunan guna memperoleh capaian-capaian demi kemajuan, kemakmuran   dan progresif kesejahteraan bangsa yang setinggi-tinginya,” tandasnya.

Gubernur juga meminta seluruh masyarakat untuk tidak melupakan kemerdekaan yang telah diperoleh dan dirasakan saat ini, yang merupakan buah perjuangan panjang dari para pendahulu dan pahlawan bangsa.

Proses kemerdekaan ini, katanya, sarat diwarnai dengan cucuran keringat, linangan air mata, bahkan tetesan darah serta pengorbanan jiwa dan raga.

“Adalah kewajiban bagi seluruh bangsa Indonesia, untuk senantiasa mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa serta meningkatkan nilai-nilai emansipatoris atau semangat patriotisme dalam menangkal berbagai ancaman dinamika global yang bergulir secara dinamis dewasa ini,” imbuhnya.

“Marilah kita terus bersinergi, bergandengan tangan dan bahu-membahu berada dalam lajur kebersamaan yang dilandasi semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan di tanah air tercinta hingga terwujudnya cita-cita kemerdekaan yang hakiki, serta kemakmuran dan kesejahteraan secara menyeluruh,” tambah gubernur.

Diketahui, bahwa saat ini progres pembangunan bangsa telah diarahkan pada upaya pencapaian Visi terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian berlandaskan gotong-royong, melalui tujuh Misi, dan sembilan Agenda Pembangunan (Nawa Cita).

Program tersebut didasari pada suatu gerakan revolusi karakter bangsa yakni internalisasi dan pembudayaan nilai-nilai Revolusi Mental melalui penerapan Program Gerakan Indonesia Melayani, Program Gerakan Indonesia Bersih, Program Gerakan Indonesia Tertib, Program Gerakan Indonesia Mandiri, dan Program Gerakan Indonesia Bersatu, sebagaimana diinstruksikan Presiden RI melalui Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016.

Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ini, diikuti para pejabat eselon dan staf di lingkungan Kantor Gubernur.

Editor : Herly Umbas