oleh

Hebat..! MaMa Terus Mengukir Prestasi Bagi Kota Bitung

Bitung, Fajarmanado.com – Wali Kota Maximiliaan Jonas Lomban dan Wakil Wali Kota (Wawali) Maurits Mantiri, tak henti mengukir prestasi. Dalam bulan Juli 2017 ini saja, duet yang dikenal pasangan MaMa ini, meraih dua penghargaan. Yakni, di bidang koperasi dan predikat Kota Layak Anak (KLA) tingkat nasional.

Di bidang koperasi, Kota Bitung menerima penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) tahun 2017 dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop dan UKM) di Makassar pada 12 Juli 2017.

Penghargaan itu diterima Wali Kota Lomban langsung  dari Menkop dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga bersamaan dengan acara peringatan Hari Koperasi ke-70 di Hotel Karebosi Condotel, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sementara penghargaan KLA bagi Kota Bitung 2017, diterima Wali Kota Lomban, didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban Rawung MSi di Swiss Bell Hotel Pekanbaru, Kompleks Ska Mall Jln Soekarno Hatta Lot 69 Pekanbaru, Riau, Minggu (23/07/2017).

Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Dr Yohana Yembise menjelaskan, penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2017 diberikan kepada daerah yang masih dalam tahap menuju layak anak.

Pada 2017 ini, ungkapnya, ada sebanyak 126 kabupaten dan kota yang menerima anugerah, sedangkan tahun sebelumnya  hanya berjumlah 77 kabupaten/kota.

Selain bagi Kabupeten Kota Layak Anak 2017, Kementerian PPPA juga memberikan penghargaan yang sama kepada pemerintah provinsi (Pemprov).

Menteri Yohana mengungkapkan, penghargaan ini diberikan karena pemprov dinilai ikut mendorong terwujudnya kabupaten/kota layak anak, puskesmas layak anak, penggerak layak anak, penggerak forum anak, penggerak satgas perlindungan anak, menurunkan jumlah perkawinan anak, menggalakkan akta kelahiran dan anak berprestasi.

Terpantau menghadiri penyerahan penghargaan KLA yang dilakukan langsung oleh Menteri Yohana tersebut, yakni, Sekkot Bitung Drs Audy Pengemanan AP MSi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Bitung dr Ny Rinny Pangemanan Tinangon Sp. PD, dan Kadis PPPA Kota Bitung Ir Telly Lengkong.

Di bawah kepemimpinan MaMa, sejak dilantik Gubernur Olly Dondokambey pada 30 Maret 2016, berbagai inovasi memang telah dicetuskan dan diaplikasikan secara konkret Pemkot Bitung.

Setidaknya, tercatat ada sembilan terobosan jitu yang dilakukan Wali Kota Lomban dan Wawali Mantiri setahun lebih memimpin Kota Bitung, yakni;

  1. Bidang evaluasi pengawasan dan pengawasan anggaran, Aplikasi “SiMaMa”
  2. Bidang pelayanan masyarakat dan informasi Kota Bitung, Aplikasi “OneBit”, Grup Facebook KP3B, serta “Mama Marakyat” (Maesa Melayani, Mendengar, dan Menjawab Keluhan Masyarakat).
  3. Bidang kesehatan, Gerakan “Mama Perkasa” (Max-Maurits Peduli Kesehatan Masyarakat)
  4. Bidang pendidikan, Gerakan “MaMa Cepat” (Max-Maurits Cerdas Peduli Anak Tidak Sekolah)
  5. Bidang transaksi online rekening air PDAM, Aplikasi “Mama Simpatik”
  6. Bidang Ketahanan Pangan, Gerakan Mari Menanam “MaMa” Cabai dan Program Hidroponik
  7. Bidang pelayanan Kesehatan yang berkolaborasi dengan pelayanan Kependudukan “Mama Mahir” (Mama Melahirkan Mendapat Akte Kelahiran)
  8. Bidang Sanitasi, “Amnesti Tanki Septik”
  9. Bidang Peningkatan Kemampuan ASN, THL, Pala, RT lewat Sosialisasi yang dilaksanakan di 8 Kecamatan.

Editor : Herly Umbas

News Feed