Banteng dan Beringin Kans Usung E2L di Pilkada Talaud

Melonguane, Fajarmanado.com – dr Elly Engelbert Lasut ME dikabarkan kans diusung koalisi dua partai besar, PDI Perjuangan dan Partai Golkar (PG) di pentas Pilkada 2018 mendatang.

Kabar teranyar  dan diyakini terpercaya, E2L, sapaan familiar mantan Bupati Talaud ini, muncul sebagai peraih survei terbanyak yang tengah dirampungkan partai Banteng Moncong Putih dan Partai Beringin saat ini.

Niat PDI Perjuangan dan PG mengusung E2L untuk mengambil kembali ‘kursi empuk’ Kabupaten Kepulauan Talaud ini, telah terbaca pasca mantan dokter ini menyatakan kesiapannya maju bertarung pada Pilkada Talaud 28 Juni 2018 pada beberapa bulan lalu.

“Buktinya, sampai sekarang ini, ke dua partai besar ini belum pernah menyebutkan secara transparan siapa yang kans akan diusung partai mereka, selain tentunya ketua DPC PDI Perjuangan dan DPD II PG Talaud sebagai bagian dari fatsun politik,” ujar sumber pengamat politik.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Talaud, Olden Waloni, tak menampik sinyalemen ini. Ketika dikonfirmasi soal kans PDI Perjuangan mengusung E2L pada Pilkada Talaud, ia mengakui E2L masuk radar bidikan partai besutan Megawati Soekaronoputri ini.

“Namun kami tetap pada mekanisme partai untuk melihat elektabilitas kandidat di lapangan. Apa kandidat tersebut boleh miliki suara terbanyak di masyarakat atau tidak, dan itu bagian dari tingkatan survey partai,” ungkap Waloni sambil melempar senyum kepada Fajarmanado.com di Melonguane, Selasa (25/07/2017), siang tadi.

Di tempat terpisah, Sekretaris DPD II Partai Golkar Talaud, Jusuf RB Bawenti, menjelaskan PG Talaud akan mengusung kandidat siapa saja, termasuk E2L.

Tapi kami tetap melalui prosedur partai yakni melalui survei kandidat dan itu akan terlihat jelas kandidat siapa yang akan diusung oleh partai,” ujar Bawenti.

Terpantau, pada beberapa pertemuan di Sulut, baik ketua DPD I PDI Perjuangan Sulut Olly Dondokambey SE (OD) maupun Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Drs Stefanus Vreeke Runtu (SVR), kerap E2L ikut berbaur. Bahkan, tak jarang terekam kamera E2L berbicara akrab diselingi tawa dengan OD maupun SVR bersama sejumlah petinggi ke dua partai tersebut.

“Dari moment tersebut membuktikan kalau E2L merupakan politisi yang mempunyai jiwa persahabat di tengah perbedaan politik yang ada,” kata sumber.

E2L dikenal sebagai politisi yang disenangi rakyat. Berbagai program yang digulirkan secara konkret ketika bertugas sebagai Bupati Talaud sangat menyentuh sendi-sendi kebutuhan masyarakat.

Penulis: Jasman

Editor   : Herly Umbas