Proyek Listrik Senilai Rp 80 Miliar Masuk Pulau Bunaken dan Lembeh

Manado, Fajarmanado.com — Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw berupaya agar semua warga di Sulut dapat menikmati listrik. Ditegaskan Wagub Kandouw, pada tahun 2017 ini juga akan dimulai proyek pemasangan kabel bawa laut untuk mengalirkan listrik ke Pulau Bunaken dan Pulau Lembeh di Kota Bitung.

“Mulai bulan depan kabel bawa laut untuk aliran listrik di Bunaken dan Lembeh akan diadakan. Semua atas perjuangan bapak gubernur dengan anggaran total 80 milliar rupiah,” terang Steven Kandouw kepada wartawan, Jumat (26/5/2017).

Steven Kandouw menuturkan, melalui pelayanan aliran listrik akan lebih menggairahkan sektor pariwisata di dua pulau besar tersebut. “Listrik masuk akan memangkas ekonomi biaya tinggi para pelaku pariwisata disana yang selama ini mengandalkan listrik dari genset,” katanya.

Diketahii, PLN juga membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di 14 pulau di Sulut. “Dari 14 pulau yang direncanakan dibangun PLTS, yang sudah dalam pengerjaan ditiga pulau, sementara yang telah selesai dan dimanfaatkan masyarakat adalah PLTS di Pulau Bunaken kapasitas 330 kilowatt (Kw),” kata Ir Wirabumi Kaluti General Manager PT PLN Wilayah Suluttenggo lalu.

Tiga pulau yang sementara dalam pengerjaan yakni Miangas, Marampit dan Makalehi, direncanakan dengan kapasitas PLTS sebesar 470 kilowatt (Kw) sedangkan di pulau Bunaken sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di kawasan tersebut.

Dia mengatakan, kehadiran PLTS sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti halnya yang sudah dialami masyarakat di pulau Bunaken, dimana mereka bisa mendapatkan pengaliran listrik selama 24 jam. Ke-14 pulai target pembangunan solar engergy PLN di Sulut yakni Manado Tua, Bunaken, Nain, Mantehage, Talisa, Makalehi, Dapalan, Karatung, Miangas, Marampit, Nanedakele, Biaro dan Gangga.

(ton)