oleh

Gubernur Minta IARMI Sulut Perkuat Empat Pilar Kebangsaan

Manado, Fajarmanado.com – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw menghadiri Sosialisasi Empat Pilar di lingkungan Ikatan Alumi Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Sulut di Graha Gubernuran Bumi Beringin, Rabu (24/05/2017).

“Indonesia adalah negara sangat luas, terdiri dari ribuan pulau dan rentan terhadap berbagai ancaman baik dari luar maupun dslam negeri, yang dapat mengikis keutuhan bangsa”, kata Gubernur.

Namun demikian, lanjutnya harus bersyukur bahwa pendiri bangsa ini telah mewariskan sejumlah konsepsi kebangsaan dan kenegaraan, yang berkaitan langsung dengan dasar negara, konstitusi negara, bentuk negara fan wawasan kebangsaan yang kesemuaanya itu dipandang dan kita rasakan bersama sangat sesuai dengan karakter serta jati diri bangsa.

“Empat pilar kebangsaan dari konsepsi kenegaraan indonesia ini juga harus dipahami sebagai sebuah prasyarat yang mutlak dipenuhi agar bangsa ini bisa berdiri kokoh dan meraih kemajuaan berlandaskan karakter kepribadian bangsa indonesia sendiri,” tegas Gubernur.

Dia menjelaskan, pengalaman sejarah juga telah mengajarkan kepada kita, bahwa pengabdian dan penghianatan terhadap empat pilar ini bisa membawa berbagai masalah keterpurukan dan perpecahan dalam kehidupan kebangsaan.

Untuk itu, lanjut dia, diperlukan adanya usaha segaja melakukan penyadapan, pengembangan dan pemberdayaan menyangkut empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara ini, dalam prosesnya nilai nilai yang terkandung empat pilar ini perlu digaungkan secara luas, agar dapat mengakar dalam setiap aspek kehidupan masyarakat sebagaimana yang saat ini terselenggara berkat inisiasi dari Majelis Permusyawaratan Rakyat RI.

“Agenda ini saya optimis akan mampu memberikan output dan outcome sebagaimana kita harapkan, apalagi mencermati pesertanya adalah para Alumi Resimen Mahasiswa Indonesia yang tergabung dalam organisasi IARMI, yang merupakan sebuah organisasi berasaskan Pancasila dan UUD 1945 serta bernafaskan semboyan Widya Castrena Dharma Siddha (Penyempurnaan Pengabdian dengan ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan) sehingga sangat cocok dan tepat menjadi role model serta contoh bagi masyarakat dalam mengelorakan pemahaman dan implementasi nilai nilai empat pilar kebagsaan dalam sendi kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutup Gubernur.

Turut hadir Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Dr Zulkifli Hasan SE M.M, Pengurus dan Anggota Ikatan Alumi Resimen Mahasiswa Undonesia Sulut, Pejabat Sipil, TNI dan Polri.

(ton)

News Feed