Astaga…! Nama Kapolres Minut Dipakai Untuk Menipu

Airmadidi,Fajarmanado.com—Kasus penipuan mulai marak di Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Kali ini, ada oknum tak bertanggung jawab menjual nama Kapolres Minut AKBP Eko Iriant SIK sehingga nyaris menipu pengusaha muda di Minut yakni William Luntungan.

Kepada sejumlah wartawan, Rabu (26/4/2017), Luntungan menjelaskan asal mula dirinya nyaris tertipu dengan oknum yang mengaku bernama Eko Irianto yang tak lain adalah Kapolres Minut. Saat itu berawal, Selasa (25/4/2017), Luntungan mendapat telepon dari nomor yang tak dikenal 081241822558 dimana mengaku dari Kasat Reskrim Polres Minut.

“Oknum yang mengaku dari Kasat Reskrim ini mengatakan jika saya nanti akan di telepon oleh Kapolres. Tak lama setelah itu, masuk telepon yang mengaku dari Kapolres Minut. Dari pembicaraan, oknum yang mengaku Kapolres ini meminta sejumlah uang kepada saya sebesar Rp75 juta, namun saya katakan hanya ada Rp60 juta. Katanya uang itu untuk mengisi kas Polres yang kosong,” beber Luntungan.

Dari pembicaraan itu, karena merasa curiga, Luntungan pun mencoba untuk balik menjebak sang penipu dengan cara meminta nomor rekening yang akan ditranfer lewat Bank BRI Cabang Airmadidi. Tanpa sadar, penipu ini langsung mengirim nomor rekening BRI atas nama Windi Safira. Menariknya, nomor rekening 480401023831531 yang diberikan, oleh oknum penipu tersebut mengaku jika itu adalah rekening istrinya.

“Pertama penipu ini menyuruh saya ke kantor Polres untuk menyerahkan langsung ke Kapolres, namun akhirnya dia minta lewat rekening saja. Nomor telepon Kapolres ada sama saya dan saya tidak mudah tertipu dengan oknum ini. Saya sengaja mengulur waktu agar dia mau mengirim nomor rekening untuk saya selidiki,” jelas Luntungan.

Kapolres Minut AKBP Eko Irianto saat dikonfirmasi mengatakan jika itu adalah penipuan yang akan segera ditindaklanjuti oleh Polres Minut. “Nomor handphonenya sudah kami catat dan akan diselidiki. Sebab kami memiliki tim cyber untuk melacak nomor itu,” ungkapnya.

Ditanya apakah sudah ada laporan kasus penipuan serupa yang dilaporkan di Polres Minut, Irianto mengaku belum ada. “Laporan yang masuk belum ada, tapi dari laporan secara lisan sudah ada yang kami terima,” tutur Irianto seraya meminta agar masyarakat jangan langsung percaya terhadap oknum yang mengaku Kapolres untuk meminta sejumlah uang.

(udi)