oleh

Longsor Menutupi Jalan Buyungon-Kilometer Tiga

Amurang, Fajarmanado.com – Akses jalan Buyungon-Kilometer Tiga Kecamatan Amurang teracam tinggal nama. Padahal, jalan alternative antara Buyungon-Kilometer Tiga menjadi harapan warga Buyungon dan Kilometer Tiga. Namun, sekarang jalan lingkar Buyungon-Kilometer Tiga terancam tinggal nama saja.

‘’Pasalnya, jalan lingkar Buyungon-Kilometer Tiga yang awalnya telah terjadi longsor, bahkan jalan tersebut terancam ambruk/putus. Dan sayangnya belum ada perbaikan dari Pemkab Minsel. Parahnya, jalan Buyungon-Kilometer Tiga dibiayai sekitar Rp 4,4 miliar lebih. Namun sangat disayangkan, kondisi jalan tersebut nyaris dibiarkan,’’jelas Nike Liando, warga Buyungon.

Menurut Liando, bahwa belum diperbaiki jalan lingkar Buyungon-Kilometer Tiga tersebut, kini jalan menuju Desa Kilometer Tiga kira-kira Sabtu (8/4) tengah malam akibat hujan keras mengakibatkan adanya longsor besar.

‘’Kalau sebelumnya, bisa dilewati kendaraan roda dua. Kini, saat ini tak bisa dilewati kendaraan roda dua. Kecuali pejalan kaki yang bisa melewatinya. Dengan demikian, terkesan Dinas PU PR Minsel enggan memperbaikinya,’’katanya.

Kepala Dinas PU PR Minsel Rudy F Tumiwa, ST MSi melalui Kepala Bidang Bina Marga Ventje Karouwan, ST MSi menjelaskan, bahwa akan segera dilakukan perbaikan atas jalan lingkar Buyungon-Kilometer Tiga. ‘’Hanya saja, untuk APBD 2017 ini mungkin belum. Tapi, harapannya APBD Perubahan 2017 dipastikan akan masuk anggaran perbaikan jalan diatas,’’ungkap Karouwan.

Karouwan menjelaskan, sementara longsoran yang terjadi di jalan lingkar Buyungon-Kilometer Tiga akan segera diangkut. ‘’Ya, terima kasih atas informasinya. Dan segera akan dikirim alat berat untuk mengangkutnya. Esok dipastikan akan mengirim alat berat untuk mengangkut sisa tanah, agar longsor bisa diangkut dan kendaraan bisa melewatinya,’’ucapnya.

(andries)

News Feed