oleh

Soal Objek Wisata Batu Dinding dan Air Terjun Ta’kaan KM3, Pemkab Siap Bayar Asalkan Milik Kepemilikan Jelas

Amurang, Fajarmanado.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan sesuai rencana akan membangun sejumlah objek wisata. Seperti objek wisata Moinit di Desa Taawang Kecamatan Tenga. Juga, objek wisata yang menjadi viral disejumlah televisi swasta adalah objek wisata Batu Dinding dan Air Terjun Ta’kaan di Desa Kilometer Tiga Kecamatan Amurang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa Selatan, Frenky Toar, SE menjelaskan, bahwa Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE dan Wakil Bupati Franky Donny Wongkar, SE diperiode 2016-20121 ini akan membangun sejumlah objek wisata. ‘’Jadi, khusus di Minsel ada tiga objek wisata yang bisa dijual ke turis mancanegara dan local. Antaranya, objek wisata Moinit di Tawaang dan objek wisata Batu Dinding dan Air Terjun Ta’kaan di Desa Kilometer Tiga,’’ujar Toar, Selasa (14/3/2017).

Kata Toar, bahwa sesuai rencana ibu bupati bahwa ketiga objek wisata diatas akan dibayar. Artinya, Pemkab Minsel siap bayar asalkan kepemilikan hanya satu orang. Jangan sampai, kepemilikan objek wisata diatas menjadi penghambat investasi bidang pariwisata.

‘’Yang pasti, keinginan ibu bupati dan wakil bupati soal keindahan objek wisata di Minsel sangat besar. Termasuk berpotensi mendapatkan banyak PAD dibidang pariwisata. Hanya saja, kata mantan Camat Tumpaan ini menilai, harapannya bila objek wisata diatas murni satu pemilik maka Pemkab Minsel siap membayarnya,’’jelas Toar.

Toar menambahkan lagi, objek wisata Moinit, Batu Dinding dan Air Terjun sama-sama menjadi viral disejumlah tv swasta nasional. Dari ketiga objek wisata tersebut, terbanyak adalah Batu Dinding dan Air Terjun Ta’kaan di Kilometer Tiga.

‘’Juga, Pemkab Minsel akan membangun sarana dan prasarana ke objek wisata. Asalkan, Pemkab Minsel tidak dihambat soal kepemilikan. Memang, selama ini Pemkab Minsel mendengar ada sangkut paut soal kepemilikan. Untuk itu, pihaknya akan memanggil Hukum Tua di Desa Tawaang dan Lurah Buyungon guna mencari tahu pasti soal kepemilikan tersebut,’’tambahnya.

Dari amatan Fajarmanado.com objek wisata Moinit di Desa Tawaang tetap dikunjungi wisatawan local. Belum lama ini, Kanwil Kemenkumham Sulut yang dipimpin Pondang Tambunan, SH MH dan rombongan mengikuti acara khusus di objek wisata yang memiliki air panas yang sempat menghebohkan warga. Sementara, hingga objek wisata Batu Dinding dan Air Terjun Ta’kaan Kilometer Tiga tetap dikunjungi warga dari pelosok daerah. Lebih khusus, para pencinta panjat tebing dari sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Sulut dan Indonesia.

(andries)

News Feed