oleh

Sepekan Operasi Zebra, Polres Tomohon Amankan 159 Ranmor

Fajarmanado.com – Setelah sekitar sepekan melakukan razia operasi zebra 2016, Polres Tomohon berhasil mengamankan 159 kendaraan bermotor (ranmor).

“Umumnya tidak dilengkapi dengan STNK, SIM dan perlengkapan kendaraan, “ kata Kapolres Tomohon AKBP M.M.Z Simajuntak melalui kasat lantas Polres Tomohon Sam Dotulong di Tomohon, Selasa (22/11).

Dotulong mengatakan, pelanggar lalulintas yang terjerat melalui operasi Zebra sejak 16 November 2016 di berbagai tempat di wilayah Polres Tomohon tersebut, didominasi kendaraan roda dua. Berdasarkan data, sepeda motor berjumlah 132 pelanggaran, sedangkan ranmor roda empat berjumlah 26 pelanggaran.

Baca Juga :  Pengendara Motor Harus Tahu, Begini Cara Mengerem yang Aman Saat Hujan

“Yang memprihatikan, para pelanggar lalulintas yang ditilang ini banyak yang masih di bawah umum, tapi kalau dicermati didominasi usia 15 hingga 25 tahun,” ungkapnya.

 Untuk itu Kasat Lantas menghimbau kepadah para orang tua agar lebih serius dalam mengawasi anak yang membawah kendaraan terlebih lagi mereka yang belum cukup umur, agar tidak membiarkannya berkeliaran di jalanan dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Baca Juga :  Pengendara Motor Harus Tahu, Begini Cara Mengerem yang Aman Saat Hujan

Pantauan Fajarmanado.com, anak usia sekolah SMA maupun SMP banyak bersiliweran menggunakan sepeda motor menggunakan seragam sekolah. Padahal di usia mereka, sebagian besar dikatogorikan belum dewasa dan belum bisa mengatongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Selain dipastikan tak memiliki SIM, tak sedikit dari mereka memacu kendaraan dengan membonceng dua penumpang, yang tak lain rekan sekolah mereka.

(prokla)

News Feed