Sulut Tuan Rumah Latihan Perang RI-Amerika

Manado, Fajarmanado.com-Wakil Duta Besar Amerika Serikat Brian McFeeters mengatakan, Kerjasama pertahanan AS-Indonesia tidak pernah lebih kuat atau lebih komprehensif dari pada sekarang ini. “Kami bangga menjadi mitra utama bagi Indonesia dalam latihan bersama dan kerjasama lainnya dalam bidang pertahanan,”ungkap Freeters.

Terkait kekuatan kemitraan strategis antara AS dan Indonesia, Brian menambahkan, “Amerika Serikat adalah kawan dekat dan mitra antusias untuk Indonesia diberbagai bidang, termasuk dalam memperkuat bidang penerbangan dan pertahanan di Indonesia, dan kami berharap kelanjutan hubungan yang lebih kuat dan semakin berkembang.” Akunya.

Mewakili angkatan bersenjata AS, Letnan Kolonel Marinir Stephen McClune menekankan pentingnya menggelar latihan bersama, “Indonesia adalah mitra regional yang kuat dan kami menggunakan kesempatan latihan ini untuk meningkatkan ketrampilan teknis dan juga untuk mempererat persahabatan, saling pengertian dan saling menghormati antara kedua Angkatan Bersenjata.” Papar Stephen.

Dia menambahkan, militer AS dan Indonesia juga diuntungkan dengan adanya penggunaan jenis pesawat yang sama. Kesamaan ini lebih memudahkan kami untuk bekerja sama dalam mengatasi masalah-masalah regional.

Dan Lanudsri Kol. Djoko mengungkapkan, Latma Cope West akan diselenggarakan di Manado mulai tanggal 31 Oktober hingga 11 November. Latihan ini hanya merupakan salah satu contoh dari banyak kegiatan kemitraan Amerika Serikat dengan Indonesia dalam menghadapi tantangan regional dalam bidang politik dan keamanan di kawasan Asia-Pasifik.

Turut hadir unsur Forkopimda Sulut, Sekretaris Daerah Edwin Silangen SE MS dan Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Jhon Palandung MSi.
(aji)