oleh

Ciptakan Pemilih Cerdas, KPU Minahasa Gelar Voters Education

Tondano, Fajarmanado.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa membidik kalangan pemilih pemula untuk diberikan pendidikan pemilih. Yang disasar adalah para pelajar SMA/SMK.

Program Pendidikan Pemilih (Voters Education) besutan Pusat Pendidikan Pemilih (Pusdiklih) ini mulai dilakukan KPU Minahasa bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) setempat.

“Kita awali untuk sekolah-sekolah yang ada di Tondano sebagai ibu kota kabupaten,” kata Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon, SSi MSi, Selasa (1/11).

Untuk hari pertama itu diikuti oleh SMA Negeri I Tondano, SMA Negeri 2 Tondano, SMA Katolik St Rosa De Lima Tondano, dengan pengajar/instruktur Komisioner KPU Bidang Hukum Decky Paseki,SH MH.

Menurut Tinangon, selain melaksanakan petunjuk KPU RI melalui surat edaran tentang peningkatan partisipasi masyarakat dan pemilih.

Dikatakan, kegiatan ini juga dimaksud menjadi forum pendidikan pemilih secara khusus para pemilih pemula dengan menghasilkan pemilih pemula yang cerdas dan bertanggung jawab dalam berdemokrasi dan pemilu dalam bidang studi pendidikan kewarganegaraan.

“Pihak Komisi Pemilihan Umum bersedia mengunjungi sekolah, apabila membutuhkan kerjasama pendidikan pemilih atau penguatan kompetensi siswa dalam mata pelajaran kewarganegaraan,” ungkapnya.

Komisioner KPU Bidang Hukum Decky Paseki,SH MH saat membawakan materi, banyak memberikan gambaran tentang pemilu dan penyelenggara pemilu, yang direspons begitu antusias dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.

” KPU adalah lembaga yang dibentuk berdasarkan amanat konstitusi sebagai lembaga yang sifatnya nasional tetap dan mandiri,” jelas Mantan Ketua Panwaslu Minahasa ini.

(den)

News Feed