Ingin Bugar dan Lebih Pintar, Berolahragalah Ini

Fajarmanado.cm – Olahraga penting untuk kesehatan. Selain agar bugar dan terhindar penyakit, olahraga juga baik untuk mengusir dan menghindari stres berlebihan.

Manfaat olahraga pun ternyata bukan hanya itu saja. Menurut penelitian terbaru, olahraga berlari bahkan bisa membuat otak Anda lebih pintar.

Berlari memang sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Lari sering diterapkan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori, selain bisa menguatkan tulang dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular, juga mudah dan murah karena tak perlu memakai alat.

Riset yang dilakukan National Institute of Health  mengungkap manfaat baru dari berlari. Para peneliti mengatakan,  beberapa zat yang dilepas aliran darah ketika olahraga bisa menuju ke otak.

Untuk membuktikannya, peneliti meminta para partisipan yang punya kemampuan koginitif berbeda-beda untuk jogging empat kali seminggu selama empat bulan. Hasilnya, nilai tes kognitif mereka kian meningkat setelah semakin sering berlari.

Para peneliti kemudian menyorot enzim Cathepsin B yang biasanya dapat membantu menghilangkan pegal otot. Mereka menemukan jika partisipan yang rutin berlari menghasilkan Cathepsin B dan punya nilai tes yang semakin tinggi di saat yang bersamaan. Ada kemungkinan keduanya saling berkaitan.

Investigator Henriette van Praag sebagai pemimpin studi, mengatakan, otak manusia memang lebih efektif ketika jumlah Cathepsin B cukup banyak.

“Ada alasan yang bagus mengapa sedikit latihan lebih baik dari pada tidak sama sekali,” kata Henriette.

(wlp/ely)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *