oleh

Jokowi Presiden Pertama Kunjungi Miangas

Manado, Fajarmanado.com – Tiba siang tadi di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi Manado, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa misi bersejarah. Kunjungan kerja Jokowi ke Manado kali ini mencetak sejarah. Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia pertama yang menginjakkan kaki di Miangas, yang merupakan pulau terluar Indonesia.

Pembangunan daerah perbatasan, pulau terluar, pulau terisolir dan daerah terdalam sangat gencar menjadi fokus utama Pemerintah Indonesia. Salah satunya, Pemerintah giat membangun infrastruktur bandar udara.

Hal ini dilakukan dalam rangka memperkuat konektivitas, pertahanan, serta distribusi pangan dan jasa.

Miangas, salah satu wilayah terluar Indonesia, memperoleh manfaat dari pembangunan pemerintah di bidang hubugan udara, yakni dengan dibangunnya Bandar Udara Miangas.

“Konektivitas antar pulau dengan ibu kota provinsi sangat penting. Pulau bisa langsung terbang ke pulau lain, saya rasa itu sangat penting juga,” ujar Jokowi Sabtu (15/10) lalu dalam kunjungannya ke Kabupaten Kayong Utara

Pembangunan bandar udara di wilayah ini sudah dimulai sejak 2012 silam. Bandar udara ini akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (19/10) besok. Bandar Udara Miangas selesai dibangun pada 2015.

Pada tahun tersebut, nilai investasi yang di gelontorkan pemerintah mencapai Rp 55 miliar.

Jika dirunut sejak 2012, maka total investasi pembangunan Bandar Udara Miangas sudah mencapai Rp 215 miliar.

“Kabupaten yang di pinggir-pinggir inilah yang akan kita kembangkan agar konektivitas tetap terjaga dan yang paling penting inilah yang mempersatukan bangsa kita,” ujar Jokowi.

Fokus program pembangunan Pemerintahan Joko WIdodo-Jusuf Kalla ini lebih di dominasi pada pembangunan daerah-daerah perbatasan dan pulau-pulau terluar Indonesia.

Sebelum ke Manado, presiden Jokowi dan Ibu Negara beserta rombongan berada di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua untuk meresmikan sejumlah proyek Perusahan Listrik Negara.

Setelah Kabupaten Jayapura, Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan menuju Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua dengan menggunakan Pesawat Indonesia-1/Boeing 737-400.

Di Yahukimo, Presiden RI didampingi oleh Menteri Perhubungan, Gubernur Papua dan Bupati Yahukimo meresmikan Bandar Udara Nop Goliat Dekai.

(Fred)

News Feed