Bupati Tetty Lantik 49 Hukum Tua

Amurang, Fajarmanado.com – Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE akhirnya resmi melantik 49 Hukum Tua (Kumtua) baru terpilih se Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) di Kantor Bupati, Senin (17/10).

Pelantikan yang berlansung di lantai 4 Kantor Bupati, Jalan Trans Sulawesi, Amurang ini molor sekitar empat jam dari jadwal pukul 2 siang.

BupatiTetty, sapaan Christiany Eugenia Paruntu, SE ini, dalam sambutannya berpesan agar semua hukum tua yang baru harus bisa bekerja dengan baik dan penuh tanggungjawab.

‘’Saya tak mau dengar ada hukum tua yang tersandung masalah hukum. Saya juga minta agar hukum tua tidak bersalahpaham dengan perangkat desa,’’ujarnya.

Dikatakan, di era sekarang banyak tugas-tugas penting yang harus dikerjakan hukum tua. Termasuk bagaimana menindaklanjuti dana desa (Dandes), ADD dan bantuan lainnya.

Menurutnya, sejak tahun 2015 desa banyak dana yang masuk. Hukum tua-lah yang bertanggung jawab atas dana tersebut.

“Oleh sebab itu, saya pesankan agar semua hukum tua bisa melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik. Supaya, tidak ada masalah dikemudian hari,’’ tegas  bupati tercantik di Indonesia ini.

Disela-sela pelantikan, sejumlah masyarakat mengaku kaget dengan jadwal pelantikan 49 hukum tua se-Minsel.

“Tidak biasanya kami hanya menonton melalui televisi.  Biasanya, kami melihat langsung proses pelantikan oleh bupati,’’ujar Marthen, warga Kilometer Tiga.

Senada dikatakan Lexi, warga Pakuure. Katanya, tidak biasanya masyarakat  harus menunggu lama dilantai dasar.

‘’Kiapa kong musti ba tunggu lama disini. Harusnya, sebagai warga dapat melihat sendiri proses pelantikan oleh bupati. Bagimana kalau warga yang datang jauh, seperti dari Modoinding,’’ ketusnya.

Baik Marthen maupun Lexi menyatakan kecewa dengan proses pelantikan secara tertutup.

“Memang yang dapat undangan bisa ikut hadir dan menyaksikan langsung, tapi bagaimana dengan kami yang tak dapat undangan tapi ingin melihat langsung prosesi pelantikan hukum tua kami,” ujarnya.

Dari pantuan media ini, proses pelantikan 49 hukum tua oleh bupati Tetty Paruntu berjalan dengan baik. Walau terlihat rata-rata hukum tua merasa sudah capek atau lelah lantaran berjam-jam hanya berdiri.

Tampah hadir dalam acara tersebut,  Wakil Bupati Franky D Wongkar, SH, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, Kejari Minsel Umaryadi, SH MH, Dandim Minahasa, Sekda Minsel Drs Danny H Rindengan, Msi, pejabat eselon II dan III dilingkungan Pemkab Minsel.

(andries)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *