oleh

Kehilangan 190 ASN, Minsel Segera Berjuang Terima ASN Baru

Amurang, Fajarmanado.com –Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Minahasa Selatan terus berkurang dari tahun ke tahun. Sesuai data BKDD setempat, selang tahun 2016 ini  tercatat ada sekitar 190 orang yang memasuki masa pensiun.

Kepala BKDD Minsel Drs Ferdinand Roy Tiwa mengatakan, dengan banyaknya ASN yang memasuki masa purna tugas tentu memberikan peluang rekrutmen ASN baru untuk mengisi formasi yang kosong.

“Kebanyakan mereka yang pensiun adalah tenaga teknis, terutama guru sehingga mendesak untuk melakukan perekrutan ASN baru.  “Tentu saja kenyataan ini memunculkan problem tersendiri bagi dunia pendidikan di daerah ini, karena terhitung dengan ASN guru yang memasuki masa pensiun ini, jumlah kebutuhan guru di daerah ini masih kurang, perlu penambahan lagi,” jelasnya.

Menyadari tenaga guru yang semakin kurang ini, katanya, Bupati Christiany Eugenia Paruntu, SE  telah memerintahkan BKDD untuk segera menyurat kepada Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Menteri PAN-RB  di Jakarta agar  memberi kesempatan menerima pegawai baru, lebih khusus tenaga teknis guru.

“Jadi kami akan mengirim surat berdasarkan kajian konprehensif mengenai kebutuhan tambahan  ASN untuk mengisi formasi yang sudah lama kosong dan bakal kosong dengan pensiunnya sekitar 190 ASN tahun ini,” jelas Tiwa lagi.

Soal peluang penerimaan ASN nanti, Tiwa mengaku tak dapat memastikan. “Kita usul saja dulu, soal akan ada atau belum ada penerimaan ASN baru, tergantung kajian dan pertimbangan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah tenaga honorer daerah (Honda) Kategori Dua (K-2) di Minsel berharap ada penambahan ASN baru, minilam mulai awal tahun 2017 mendatang.

“Apa yang akan ditempuh pemkab tersebut memang sudah lama menjadi harapan kami.  Kami yang masuk daftar honorer K2 di Minsel ada sekitar 3 ratusan orang. Kami tetap tabah mengabdi meski dengan honor yang pas-pasan sambil berharap pemerintah pusat membuka kembali penerimaan CPNS,” jelas wanita, yang mengaku Honda K-2 guru ini.

Berdasarkan data tersebut,  para honorer daerah Honda K-2 di daerah Teguh Bersinar ini mengharapkan Bupati  Tetty Paruntu akan terus memperjuangkan nasib mereka untuk diangkat sebagai CPNS. “Ini sudah menjadi harapan kami. Saya yakin Ibu Bupati akan getol memperjuangkannya berdasarkan kebutuhan ril di lapangan demi nasib Honda K-2 di daerah ini,’’ ujar Donald Audy Rewah, salah satu Honda K-2 di Bagian Humas dan Protokol.

(andries)

News Feed