oleh

Didanpingi VaSung di Forum IPU Uzbekistan, Puan Tekankan Peran Perempuan Dalam Pemulihan Pandemi Covid 19

Uzbekistan, Fajarmanado.com — Vanda Sarundajang, SS kembali dipercayakan Ketua DPR RI, Puan Maharani mendampinginya hadir dalam forum internasional.

Kali ini, VaSung, sapaan karib putri mantan Gubernur Sulawesi Utara, Alm Dr Sinyo Harry Sarundajang ini, mendampingi cucu Proklamator Soekarno itu berbicara pada forum Inter-Parliamentary Union (IPU) 14th Summit of Women Speakers of Parliament (14SWSP) di Uzbekistan, Kamis (8/9/2022).

Pada kesempatan itu, Puan menekankan pentingnya peran kepemimpinan perempuan dalam pemulihan pandemi Covid 19.

Forum yang bertemakan ‘Mengatasi Risiko Pemulihan Global Pasca-Pandemi’ itu, Puan berbicara soal dunia yang kini tengah menghadapi banyak tantangan.

“Pandemi dan perubahan iklim, krisis pangan dan energi, serta dampak ketegangan geopolitik telah menghantam dunia tanpa pandang bulu,” tandasnya

Puan juga menyinggung soal ketambahan 75-95 juta orang yang hidup dalam kemiskinan ekstrem pada tahun 2022. Bahkan, sebanyak 828 juta orang, katanya, tidur dalam keadaan lapar setiap malam.

“Saat ini, kita tidak hanya perlu pulih, tetapi kita juga perlu membangun dunia yang tangguh, dunia yang lebih baik untuk semua orang,” katanya.

Pada forum para ketua parlemen perempuan sedunia tersebut, Puan mengungkapkan pandangannya untuk membangun dunia yang tangguh.

Ia menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencapai hal itu.

“Pemulihan global pasca pandemi harus menjunjung tinggi prinsip inklusivitas. Kita membutuhkan proses pemulihan yang berpusat pada masyarakat. Setiap orang harus mengambil bagian dalam upaya global kita untuk pemulihan,” papar Ketua DPP PDIP ini, didampingi VaSung, legislator DPR RI tiga periode yang juga Ketua DPD Taruna Merah Putih Sulut ini.

(*/maxi heru)