Tanpa Kehadiran Utusan Satu Kelurahan, Eightmi Moniung Lantik Bunda PAUD Kawangkoan

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Tanpa kehadiran utusan dari satu kelurahan, Camat Eightmi Johanna Moniung, SH melantik Bunda PAUD empat desa dan lima kelurahan di Kecamatan Kawangkoan, Minahasa.

Pelantikan berdasarkan SK Camat Kawangkoan Nomor 03 tahun 2022 tanggal 29 Agustus tentang Penetapan Bunda PAUD di Kecamatan Kawangkoan tersebut digelar seusai Rapat Koordinasi Kecamatan (Rakorcam) Kawangkoan di Balai Desa Tondegesan, Selasa (30/8/2022).

Satu-satunya kelurahan yang tidak mengutus calon Bunda PAUD adalah Kelurahan Uner Satu. Bahkan, Maykel Moniung, lurahnya sendiri juga terpantau tidak hadir karena sakit.

“Mungkin Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Uner Satu sibuk. Jadi, tidak sempat hadir,” komentar Camat Ane, sapaan karib Eightmi Johanna Moniung ketika dikonfirmasi Fajarmanado.com usai acara.

Ketua TP PKK Uner Satu, yang tak lain adalah isteri dari Lurah Maykel, saat ini memegang jabatan salahsatu kepala bagian (Kabag) di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa.

Yang pasti, para Bunda PAUD yang dilantik adalah setiap Ketua Tim Penggerak PKK dan atau Lurah/Kepala Desa setempat. Semisal, Bunda PAUD Kelurahan Sendangan Tengah Dasy Mapasa, SIP dan Bunda PAUD Desa Kanonang Tiga Vivi Tumbelaka.

Pelantikan diawali dengan pembacaan ikrar Bunda PAUD, penandatanganan berita acara, pemasangan salempang dan penyerahan surat keputusan dipimpin Camat Eightmi Johanna Moniung, SH, disaksikan anggota DPRD Minahasa Ventje Viktor Mawuntu, SE, Kapolsek Kawangkoan AKP Eddy Suryanto dan Danramil 1302/08 Kawangkoan Peltu TNI AD Novry Lontoh.

Camat Ane mengatakan, Bunda PAUD mengemban tugas dan tanggung jawab yang mulia. Yakni, membina dan mewujudkan program Bunda PAUD untuk mempersiapkan generasi muda yang tangguh di masa depan.

Anak usia dini, katanya, berada pada tahun emas. Usia yang sangat menentukan membentuk karakter anak sebagai Generasi masa depan.

“Pelantikan saat ini, bukan acara serimonial belaka. Bukan hanya formalitas saja,” ujar Ane, yang juga Bunda PAUD Kawangkoan ini.

Bunda PAUD, lanjutnya, harus mengimplementasikan program-program PAUD dalam wujud bekerja dengan baik sehingga Bunda PAUD benar-benar dapat ikut membantu pemerintah membentuk karakter anak-anak bangsa yang cerdas dan tangguh.

“Saya lihat, Bunda-Bunda PAUD yang¬† dilantik saat ini, rata-rata murah senyum. Ini sudah menjadi modal yang berharga dalam membina anak-anak usia dini,” tutur Camat Ane dalam acara yang dirangkaikan dengan Rakorcam Kawangkoan ini.

Penulis: Maxi Heru