oleh

Peduli Anak, ROR-RD Kembali Bawa Minahasa Raih Predikat Pratama KLA

Jakarta, Fajarmanado.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara kembali menerima predikat Pratama Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) RI.

Piagam dan Piala Penghargaan KLA Kategori Pratama tahun 2022 untuk pemerintahan Bupati  Dr. Ir. Royke Octavian Roring, M.Si, IPU, ASEAN.Eng dan Wakil Bupati Dr (HC) Robby Dondokambey, SSi, MM atau ROR-RD tersebut, diterima langsung Bupati ROR di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Piala dan Piagam dari Kemem PPPA RI itu diserahkan oleh Deputi Perlindungan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Agustina Erni.

Saar itu, ROR didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Wenny Talumewo, M.Si dan Kabag Prokopim Setdakab Minahasa Johnny Tendean, AP, MAP.

“Kami berharap dengan kedua kalinya Kabupaten Minahasa menerima penghargaan Kabupaten layak anak, maka hak anak di semua aspek dapat menjadi perhatian dan tanggung jawab kita bersama”, ujar ROR.

Ke depan, ROR mengatakan, penghargaan Minahasa sebagai Kabupaten Layak Anak bukan hanya sekedar penghargaan saja tapi bagaimana semua pihak stakeholder terkait dapat menciptakan Kabupaten Minahasa yang betul-betul layak untuk anak dengan terpenuhinya semua hak anak, baik dari segi perlindungan, keamanan, pendidikan, kesehatan, informasi, fasilitas dan hak anak lainnya.

ROR pun menyebut bahwa semuanya itu diperoleh atas kerjasama yang baik antara gugus tugas terkait KLA di Kabupaten Minahasa serta atas petunjuk melalui berkoordinasi dengan Provinsi Sulawesi Utara dalam upaya pelayanan dan pemenuhan hak anak di semua aspek.

Aspek-aspek itu, mulai dari tahap Perencanaan, Persiapan, Pendampingan, Pengisian Aplikasi, Evaluasi Verifikasi Mandiri, Evaluasi oleh Provinsi, Evaluasi Akhir oleh Kemen PPPA RI.

Atas dasar penilaian itu, Kabupaten Minahasa bisa masuk pada verifikasi Hybrid dan akhirnya berhasil Meraih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama tahun 2022.

“Melalui hari anak nasional tahun 2022 ini mari kita wujudkan anak terlindungi, sebagai generasi penerus bangsa. Indonesia Maju. Salam BERLIAN (Bersama Lindungi Anak),” papar ROR.

Seperti diketahui, apresiasi pelaksanaan KLA di daerah diberikan dengan 5 kategori. Yakni, dimulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Sementara hasil evaluasi diukur melalui 24 indikator KLA, yang mencerminkan implementasi atas 5 klaster substantif Konvensi Hak Anak.

Ke limanya, meliputi, Klaster 1, Pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak; Klaster 2, Pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; Klaster 3, Pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan; Klaster 4, Pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; dan Klaster 5, Perlindungan khusus anak.

Penulis/Editor: Herly Umbas