oleh

Pemdes Tanggari Gelar Rembuk Stunting dan Musdes RKPDes 2023

Airmadidi,Fajarmanado.com – Pemerintah desa Tanggari gelar remuk stunting dan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun anggaran 2023 yang digelar dibalai desa Tanggar, Selasa (26/7).

Hukum tua desa Tanggari Elia Novani Sumlang mengatakan, rembuk stunting ini bertujuan untuk membahas sekaligus mengevaluasi penanganan dan pencegahan stunting di desa Tanggari, melalui sejumlah program yang telah dilaksanakan pemerintah melalui dana desa.

“Selain pemaparan terkait perkembangan stunting, kami juga mendengarkan laporan penanganan stunting dari KPM sekaligus mendengarkan usulan untuk dimasukan dalam program prioritas pemerintah desa khusus untuk penanganan stunting di desa Tanggari,” terang Sumlang.

Ia menambahkan, selain membahaa tentang stunting, Pemdes Tanggari juga telah membentuk tim penyusun RKPDes tahun 2023. Tim yang melibatkan semua unsur ini nantinya akan menyusun dan membahas rencana kerja yang mengacu pada RPJM Desa untuk kemudian menjadi landasan kebijakan pemerintah pada tahun 2023 mendatang.

“Berdasarkan Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang pembangunan Desa dan Permendes PDTT Nomor 16 Tahun 2019 tentang Musyawarah Desa. Musdes RKP-Desa ini bertujuan untuk menyusun perencanaan desa serta menentukan skala prioritas arah pembangunan desa Tanggari tahun anggaran 2023 mendatang.”ujarnya.

Ia berharap pembahasan RKPDes tahun 2023 ini bisa menghasilkan kebijakan yang dapat mendorong laju pembangunan, peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Dalam pertemua tersebut turut dihadiri camat Airmadidi Rocky H Tangkulung, S.Sos,Kepala Puskesmas, ketua TP-PKK Airmadidi dan desa Tanggari dan tenaga ahli pemberdayaan masyarakat.(Joel)