oleh

Pembangunan Jalan Kuwil – Malendeng Berbaderol Rp 9 Milyar Disoal, LAMI Sulut Minta APH Periksa Pelaksana Proyek

Manado.Fajarmanado.com – Lembaga Aspirasi Masyarakat Indonesia (LAMI) Sulawesi Utara meminta Kejaksaan Tinggi Sulut usut dugaan penyimpangan pembangunan jalan Kuwil – Malendeng berbanderol Rp. 9 Milyar yang dikerjakan CV. Karya Cender, pasalnya proyek melalui angaran Peningkatan Ekonomi Nasional (PEN) tahun anggaran 2021 ini dinilai asal jadi dan material yang digunakan tidak sesuai standard.

Ketua LAMI Sulut Indriani Montolalu, SE mengatakan, proyek yang dikerjakan CV Karya Cender tersebut tidak sesuai standard dan sarat penyimpangan. Buktinya jalan yang baru dibangun tahun 2021 lalu terdapat beberapa titik yang rusak, bahkan batu yang dipasang di bereum jalan sebagai penahan sudah terbongkar dan berhamburan dibeberapa titik ruas jalan.

“Pembangunan jalan ini tidak sesuai standard spesifikasi teknis dirjen bina marga hasil pekerjaannya secara kasat mata buruk, ini harus disikapi serius oleh Aparat Penegak Hukum (APH) agar pelaksana proyek tersebut bertanggung jawab atas pekerjaannya yang terkesan asal jadi dan merugikan uang rakyat.”tegas Montolalu, Jumat (1/7).

Lebih lanjut srikandi yang dikenal kritis dalam mengawasi pembangunan di Sulut menilai, salah satu faktor yang menyebabkan buruknya pekerjaan tersebut akibat lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh pengawas proyek. Bahkan ia menduga ada kongkalingkong antara pengawas dan pelaksana proyek sehingga ada pembiaran meski pekerjaannya tidak sesuai standard.

“Buruknya hasil pekerjaan ini tak lepas dari lemahnya peran pengawas dalam melakukan tanggung jawabnya, kami menduga pengawas dan pelaksana proyek sudah berkerja sama sehingga kualitas pekerjaan proyek seperti itu dibiarkan dan bahkan dananya dicairkan.”lugas Montolalu.

Ia menambahkan, saat ini LAMI Sulut telah mengumpulkan sejumlah data terkait dugaan penyimpangan pekerjaan proyek tersebut untuk dilaporkan ke APH agar pelaksana proyek dan semua pihak yang terlibat dalam pekerjaan proyek tersebut.(Joel)