oleh

Gaji 13 Cair Pekan Depan, Inilah Deretan Penerima dan Besarannya

Jakarta, Fajarmanado.com — Kabar gembira bagi abdi negara. Memasuki tahun ajaran baru 2022, Gaji ke-13 dikabarkan cair pekan depan.

Pemerintah telah menjadwalkan pencairan Gaji ke 13 ini mulai 1 Juli 2022. Artinya, rekening para para penerima sebentar lagi akan mendapatkan ‘Rezeki nomplok’.

Proses penyiapan gaji ke-13 pun sudah dimulai sejak 23 Juni, pekan lalu.

Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan telah mengkonfirmasi hal ini.

“Pembayaran gaji ke-13 akan dilakukan mulai tanggal 1 Juli,” ungkap Direktur Pelaksanaan Anggaran Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu Tri Budhianto, kepada wartawan di Jakarta, baru-baru ini.

Deretan Penerima

Siapa saja yang berhak menerima Gaji ke-13 ini.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 dijelaskan mengenai siapa saja yang bisa menerima gaji ke-13.

Baca Juga :  Serap Aspirasi, VaSung Bagikan Beasiswa PIP di SMK Negeri Airmadidi

Dalam pasal 3 dijelaskan penerima gaji ke-13 adalah PNS (termasuk CPNS), PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, dan Pejabat Negara.

Kemudian ada juga gaji 13 untuk pensiunan PNS, pensiunan Prajurit TNI, pensiunan Anggota Polri, dan pensiunan Pejabat Negara serta keluarga perwakilan penerima pensiunan.

Lantas, berapa besaran nominal gaji ke-13 yang akan ditransfer pèmerintah kepada masing-masing penerima.

Dalam pasal 6 PP no 16 tahun 2022 dijelaskan gaji ke-13 PNS dibayarkan didasarkan pada komponen penghasilan yang dibayarkan pada Juni 2022.

Adapun besaran gaji ke-13 PNS dihitung dari total gaji pokok, ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan, atau tunjangan umum.

Tahun ini, jumlahnya masih ditambah dengan 50% tunjangan kinerja sesuai jabatan, pangkat, peringkat jabatan, atau kelas jabatannya.

Baca Juga :  Komite II DPD RI dan Kemenhub Terus Bersinergi, Senator stefa Liow Kembali Buka Program Padat Karya

Jumlah yang akan diterima PNS aktif ini akan berbeda jika dibandingkan dengan pensiunan dan penerima pensiun, karena pokok yang didapat oleh PNS aktif dan pensiun berbeda.

Penetapan besaran pensiunan pokok diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2019 tentang Penetapan Pensiun Pokok Pensiunan Pegawai Negeri Sipil dan Janda/Duda.

Selain pensiun pokok, kepada penerima pensiun diberikan tunjangan keluarga dan tunjangan pangan yang berlaku bagi PNS sesuai dengan aturan perundang-undangan.

Demikianlah informasi tentang jumlah besaran gaji ke-13 akan yang akan diterima oleh pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan PNS.

Editor : Maxi Heru