oleh

Transparansi Penggunaan Dana Desa, Pemdes Sonsilo Publikasikan APBDes 2022

Likbar,Fajarmanado.com – Guna mengimplementasikan instruksi Bupati Minahasa Utara Joune Ganda terkait transparansi penggunaan Dana Desa (DD) pemerintah desa Sonsilo publikasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2022.

Hukum tua desa Sonsilo Gerson Makikama melalui sekretaris desa Ririn Manusu menjelaskan, tahun 2022 ini total anggaran melalui dana transfer Rp. 1.047.401.197 yang meliputi, Dana Desa Rp. 688.298.000, Alokasi Dana Desa (ADD) Rp. 321.650.300 dan Bagi Hasil Pajak dan Retribusi (BHPR) Rp. 37.452.897.

“Dari total anggaran yang ada, digunakan untuk belanja penyelenggaraan pemerintah, pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat serta penanggulangan bencana, darurat dan mendesak yang keseluruhan program tersebut sesuai dengan nomenklatur belanja yang ada di Sistem Keuangan Desa atau Siskeudes.”kata Manusu.

Ririn Manusu menjabarkan, untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah berjumlah anggaran yang dialokasikan Rp. 362.005.297. Anggaran tersebut untuk belanja penghasilan tetap hukum tua dan perangkat desa, tunjangan BPD, operasional pemerintah, pemutakhiran data SDGs, penginputan APBDes dan pembayaran tanah.

Sementara untuk pembangunan desa, anggaran yang dialokasikan 244.786.300 untuk pengembangan budaya desa, penyelenggaraan Posyandu dan penanganan Stunting, pencegahan covid 19, pengadaan air bersih (sumur bor), informasi desa dan pengembangan wisata adat (Tulude).

Untuk program pemberdayaan masyarakat Rp. 137.659.600 yang akan dimanfaatkan untuk ketahanan pangan sedangkan program penanggulangan bencana darurat dan mendesak dialokasikan anggaran sebesar Rp. 302.950.000 untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT), siaga bencana, serta bantuan untuk masyarakat yang terdampak covid atau sedang malakukan isolasi mandiri.

“Publikasi APBDes ini merupakan komitmen pemerintah desa dalam mencegah penyalahgunaan anggaran desa serta mendorong keterlibatan masyarakat untuk turut mengawasi penyelenggaraan kegiatan atau pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan dengan menggunakan dana desa,” pungkas Ririn Manusu yang didampingi Kaur Keuangan Rivon Tahulendeng.(Joel)