oleh

Disambut Tarian Cakalele, Pangkogabwilhan III Letjen Jeffry Kunjungi Satgas Kodim Maluku

Fajarmanado.com, Ambon — Panglima Komando Gabungan Wilyah Pertahanan (Pangkogabwilhan ) III Letnan jenderal (Letjen) TNI Jeffry Apoly Rahawarin melakukan mengunjungi Satgas Kodim Maluku, Selasa (11/1/2022).

Kedatangan rombongan Letjen Jeffry seusai melakukan kunjungan kerja di Pulau Seram ini, disuguhi tarian cakalele dan iringan musik dari anggota TNI.

Mantan Pangdam XVI Pattimura dan rombongan tersebut disambut Komandan Satgas Kodim Maluku, Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman, SIP bersama jajaran staf dan anggota TNI di Pos Ramil Waiheru.

Letjen Jeffry menyampaikan apresiasi kepada komandan Satgas Kodim Maluku karena telah berhasil dalam operasi mengumpulkan senjata dari masyarakat yang dapat membahayakan pertahanan dan keamanan di Maluku.

“Kita membuat suasana penguasa kolaborasi yang kondusif, ada rakitan dan semi rakitan yang telah didapatkan selama 3 bulan. Dengan telah mendapatkan seperti ini luar biasa,” ucapnya.

Baca Juga :  Sore Ini, Kapolri Listyo Sigit Pantau PTM dan Vaksinasi Corona di Ambon

Sebelumnya, Komandan Satgas Kodim Maluku, Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman melaporkan bahwa senjata yang didapatkan dari masyarakat merupakan hasil dari hubungan bantuan sosial dan komunikasi yang baik dari TNI kepada masyarakat sehingga warga memberikan senjata yang telah digunakan sejak masa lampau tersebut secara ikhlas.

“Mereka sebenarnya takut juga menyerahkan, rata-rata masih ragu tapi kita yakinkan bahwa sekarang tidak ada apa-apa dan aman kalau sampai sekarang tiga bulanan kita lakukan ini,” ujarnya.

“Kayaknya, awal-awal kita enggak mungkin dapat, karena masih orientasi masuk masyarakat. Tapi ketika sudah mulai mereka kenal kita, mereka percaya. Sehingga setelah akhir bulan pertama dan bulan kedua sudah mulai ada kepercayaan masyarakat ” sambung Letkol Arh Rendra Febrandari Suprman.

Operasi yang telah dilakukan sejak tiga bulan ini, lanjut dia, tidak hanya memperoleh senjata melainkan juga amunisi dan granat.

Baca Juga :  Wakajati Maluku Kunker ke Daerah Hukum Kejari MTB

Adapun hasil yang diperoleh selama ini, terdiri dari, senjata standart Non Organik 1 Pucuk, Senjata Rakitan laras Panjang 6 Pucuk, Senjata Rakitan laras Pendek 4 Pucuk, Granat Rakitan 2 Buah, Granat Manggis 1 Buah, amunisi 5.56, 5 Butir dan amunisi 3.8 sebanyak 3 Butir.

“Ada satu yang organik, tapi lainnya ada 19 yang rakit. Ada juga amunisi dan granat. Kalau granat sudah kita serahkan, tapi ada juga yang masih di pos karena jauh belum dikirim,” jelasnya.

Kunjungan kerja Letjen Jeffry kali ini sekaligus memberikan bantuan berupa obat-obatan dan masker dari Pangkobgabwilhan III.

Acara yang berlangsung penuh kearaban iniditutup dengan pemberian cendera mata oleh komandan Satgas Kodim Maluku berupa lukisan kerang sebagai lambang kogabwilhan III.

Penulis: Katie Mailoa

News Feed