Wenny Lumentut Irup Hari Guru Nasional 2021 “Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”.

Tomohon, Fajarmanado.comWakil Walikota Wenny Lumentut,SE Sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2021 di lapangan Kantor Walikota, kamis (25/11/2021).

Hari Guru Nasional kali ini mengusung tema
“Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan”.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim dalam sambutan  yang  dibacakan Inspektur upacara mengatakan, adanya pandemi Covid 19, guru dari Sabang sampai Merauke terpukul secara ekonomi, terpukul secara kesehatan dan secara batin.

Tetapi pandemi ini tidak memadamkan semangat para guru, namun justru menyalakan obor perubahan. “Guru-guru se-Indonesia menginginkan perubahan, dan kami mendengar,” katanya.

Menurutnya, guru se-Indonesia menginginkan kesempatan yang adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi. Guru se-Indonesia menginginkan akses terhadap teknologi dan pelatihan yang relevan dan praktis. Guru se-Indonesia menginginkan kurikulum yang sederhana dan bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid yang berbeda-beda. Guru se-Indonesia menginginkan pemimpin-pemimpin sekolah mereka untuk berpihak kepada murid, bukan pada birokrasi. Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman.

“Sejak pertama kali kami cetuskan, sekarang Merdeka Belajar sudah berubah dari sebuah kebijakan menjadi suatu gerakan. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran. Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama. Gerakan ini tidak bisa dibendung atau diputarbalikkan, karena gerakan ini hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa,” paparnya.

“Karena itulah, saya tidak akan menyerah untuk memperjuangkan Merdeka Belajar, demi kehidupan dan masa depan guru se-Indonesia yang lebih baik.
Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua guru se-Nusantara atas pengorbanan dan ketangguhannya. Merdeka Belajar ini sekarang milik Anda,” sambung Menteri Nadiem.

Dalam upacara, Wakil Walikota Tomohon menyerahkan berupa penghargaan Satyalancana Karyasatya Guru secara simbolis.

Ikut hadir dalam upacara, Kajari Tomohon Fien Ering SH MH, Perwira Penghubung Mayor Inf Vino Onibala, unsur Polres Tomohon, bersama para pejabat jajaran Pemkot Tomohon.
Hadir sebagai peserta upacara para guru dan siswa siswa sekolah berbagai tingkatan.