Operasi Patuh Lalulintas Dimulai Pekan Depan, Polda Maluku Gelar Pelatihan

Ambon, Fajarmanado.com – Operasi Patuh Lalulintas dijadwalkan dimulai pekan depan. Menjelang operasi bersandi Patuh Siwalima di Provinsi Maluku, Biro Operasi Polda Maluku menggelar latihan Pra Operasi di Rupatama, Mapolda Maluku, Kota Ambon, Jumat (17/9/2021).

Latihan Pra Operasi Patuh Siwalima 2021 dibuka oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Drs. Refdi Andri diwakili Karo Operasi Polda Maluku, Kombes Pol Antonius Wantri.

Pelatihan diikuti 50 personil yang terdiri dari Bidang Propam, TIK, Humas, Direktorat Intelkam, dan Lalulintas Polda Maluku selaku pelaksana operasi Patuh.

“Latihan Pra Operasi dilakukan agar setiap personil dan unit dapat memahami tugas dan fungsi serta mengetahui sasaran dan target operasi,” kata Antonius Wantri saat membaca amanah Kapolda Maluku.

Pelatihan sebelum operasi ini, bertujuan agar personil dapat menjalankan tugas dengan baik di lapangan terhadap target atau sasaran, seperti pemilik dengan surat-surat kendaraan, termasuk benda dan barang terlarang.

“Personil yang melaksanakan operasi harus sopan santun saat berhadapan dengan masyarakat, jangan sampai ada tindakan yang menyebabkan gesekan dengan instansi lain, apalagi melakukan tindakan yang kontra produktif sehingga dampaknya akan merusak citra kepolisian yang Presisi,” jelasnya.

Di masa pandemi covid 19, katanya, Kapolda berharap agar personil selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan diri masing-masing. Setiap personil diharapkan dapat mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat.

“Jadilah teladan yang baik karena dalam operasi Patuh ini yang kita himbau bukan saja masyarakat biasa akan tetapi juga instansi dan lembaga lainnya yang ada di Maluku ini,” pintanya.

“Semoga dalam pelaksanaan operasi Patuh yang akan dimulai tanggal 20 September ini, Kamtibselcarlantas dapat terwujud dengan baik di Maluku,” sambungnya.

Penulis: Katie Mailoa