oleh

Keluar Dari Zona Merah, Ini Kata Kadis Kesehatan Minut dr. Stella Safitri

Airmadidi,Fajarmanado.com – Pemberlakuan pembatasan level IV di Kabupaten Minahasa Utara membuahkan hasil. Berdasarkan data yang dirilis, Minggu (12/9) oleh dinas kesehatan, tak ada lagi kecamatan yang masuk zona merah. Bahkan kecamatan Kalawat sejak Juli lalu  berada di zona tinggi penularan covid 19, kini masuk zona kuning atau resiko rendah.

Kepala dinas kesehatan Minahasa Utara dr. Stella Safitri mengatakan, turunnya resiko penyebaran covid 19 tak lepas dari keseriusan Bupati Joune Ganda dan wakil Bupati Kevin William Lotulung bersama seluruh elemen pemerintah dalam menekan angka penyebaran covid melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat diruang lingkup pemerintahan maupun masyarakat. Kebijakan tersebut menurutnya sangat efektif dan memberikan dampak positif terhadap penekanan angka penyebarab covid.

“Kami berharap, dengan adanya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan, angka penyebaran covid bisa terus menurun sehingga kabupaten Minahasa Utara bisa terbebas dari pandemi covid 19.”kata Safitri.

Lebih lanjut dokter cantik yang belum lama ini dipromosi menjabat kepala dinas kesehatan Minahasa Utara mengatakan, kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan sangat berpengaruh terhadap grafik dan zonasi penyebaran covid, untuk itu ia menghimbau agar masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu masyarakat diminta untuk menyukseskan program vaksinasi yang saat ini sedang berlangsung guna terwjudnya herd immunity (kekebalan kelompok) secara cepat. Dengan herd immunity diharapkan bisa melindungi masyarakat dari kematian akibat Covid 19.

Berdasarkan data yang dirilis dinas kesehatan Minahasa Utara, dari 10 kecamatan, 3 diantara sudah berada di zona hijau, yakni kecamatan Kema, Likupang Selatan dan Likupang Barat, sementara 7 kecamatan lainnya berada di zona kuning atau zona dengan resiko rendah.(Joel)

 

News Feed