oleh

Peminat Vaksinasi Corona Membludak, RS Bhayangkara Ini Terapkan Sistim Ganjil Genap

Ambon, Fajarmanado.com – Sosialisasi vaksinasi coronavirus disease atau Covid 19 di Kota Ambon, Provinsi Maluku mendapat respon luas dari masyarakat. Para peminat pun membludak mengikuti vaksinasi dari hari ke hari. 

Panitia dan vaksinator Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Ambon nyaris kewalahan melayani peserta. Terlebih untuk menghindari terjadi kerumunan di Gerai vaksinasi Presisi, Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Roem Ohoirat mengatakan, untuk menghindari kerumunan maka akan diberlakukan pelayanan vaksinasi Covid 19 gratis itu dengan distem ganjil genap.

Pelayanan sistim ganjil genap kepada masyarakat umum, yang hendak melakukan vaksin Covid 19 di Gerai Vaksinasi Presisi Polda Maluku itu akan dimulai pada hari Senin, 12 Juli 2021, pekan depan.

Sistem ganjil genap, katanya, diterapkan berdasarkan tahun kelahiran peserta vaksinasi.

“Kalau peserta vaksin yang lahir di tahun genap, maka mereka bisa datang vaksin pada hari Senin tanggal 12. Sementara besoknya hari Selasa tanggal 13, giliran peserta yang lahir di tahun ganjil, dan begitu seterusnya,” jelas Rum Ohoirat kepada wartawan di Ambon, Rabu (7/7/2021).

Baca Juga :  Dukung Pemerintah, GAMKI Sulut Bersama Polda dan IAKN Gelar Vaksinasi

Roem mengungkapkan kembali bahwa RS Bhayangkara Ambon membuka Gerai Vaksinasi Presisi Untuk Umum di Lapangan Tahapary, Tantui Ambon.

Pelayanan vaksinasi dibuka sejak pukul 08.00 WIT sampai pukul 14.00 WIT, setiap hari Senin sampai dengan Jumat.

“Persyaratan peserta vaksinasi yaitu usia 18 tahun ke atas, membawa kartu keluarga atau KTP, dalam keadaan sehat, tidak dalam keadaan hamil dan membawa alat tulis,” kata Juru bicara Polda Maluku ini.

Menurutnya, penerapan sistem ganjil genap yang akan dilakukan pihak rumah sakit milik Polda Maluku itu, bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi ini kami lakukan karena setiap hari itu terjadi kepadatan peserta vaksin. Banyak yang antri,” sebutnya.

Sistem ganjil genap ini, tambah Rum juga diterapkan untuk menghindari terjadinya klaster baru penularan Covid 19. Selain itu untuk menciptakan kenyamanan kepada peserta vaksin agar tidak merasa jenuh akibat terlalu lama dalam antrian.

Baca Juga :  Diikuti Putra Daerah dari 6 Wilayah Kodim, Seleksi Caba PK TNI AD Digelar di Makorem 151/Binaiya

“Kita lakukan ini karena memang antusias masyarakat yang ingin vaksin sangat banyak, sejak mulai dibuka pada 26 Juni 2021, sampai sekarang ini,” kilahnya.

Rum mengajak masyarakat yang belum divaksin agar dapat mendatangi Gerai Vaksinasi Presisi Polda Maluku di Lapangan Tahapary, Tantui Ambon.

“Mari datang kita lakukan vaksin, supaya terhindar dari covid. Karena dengan begitu, kita sudah bersama berjuang melawan penularan virus pandemi ini secara bersama-sama. Vaksin covid aman dan halal,” pintanya.

Kepada peserta yang sudah melakukan vaksinasi, mantan Kapolres Kepulauan Aru dan Kota Tual ini mengingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti memakai masker dengan benar, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” pintanya.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed