oleh

Melebihi Target, ROR-RD Pantau Vaksinasi Corona Anak di 3 Sekolah di Minahasa

Kawangkoan, Fajarmanado.comRoy Oktavian Roring dan Robby Dondokambey, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa kompak memantau pelaksanaan vaksinasi perdana Covid 19 anak usia 12-17, Rabu (7/7/2021).

Duet ROR-RD, sebutan karib politisi PDI Perjuangan ini, bersama-sama Forkompimda maraton melihat langsung proses vaksinasi anak yang digelar di tiga sekolah.

Didampingi Kepada Dinas (Kadis) Kesehatan, dr Maya Rambitan, MKes, pemantauan penyuntikan vaksin sinovac itu diawali di SMPN 2 Tondano, kemudian di SMPN 1 Langowan, dan berakhir SMPN 1 Kawangkoan.

Pantauan Fajarmanado.com, meski berlokasi di SMP, namun peserta vaksinasi coronavirus disease atau Covid 19 anak secara perdana di Minahasa ini, ikut melayani siswa SMA dari sekitarnya.

Proses vaksinasi anak yang berlangsung sejak pagi hingga siang tadi ini, benar-benar memprioritaskan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Di SMPN 1 Kawangkoan, misalnya, setiap peserta maupun pendamping diwajibkan mengukur suhu tubuh dengan thermogun elektrik. Ada dua yang ditempatkan di gerbang utama.

Usai itu, calon peserta maupun orang tua pendamping oleh personil Satpol PP dan Polri diarahkan mencuci tangan pakai sabun cair dengan air mengalir yang terpasang di sudut gedung dewan guru, sekira delapan meter dari pintu masuk kawasan sekolah.

Baca Juga :  Hukum Tua Desa Tombasian Atas Imbau Masyarakat, Pengucapan Syukur Sesuai Protap

Para calon peserta kemudian diminta menunjukkan bukti pendaftaran online dan atau berkas jatidiri yang disyaratkan. Semisal, kartu keluarga atau KK untuk selanjutnya mendapat nomor antrian.

Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Kawangkoan, Ferry Paisa, SPd, MPd terlihat rela berdiri di depan sekolah sambil mengawasi dan bahkan turun tangan ‘menginterogasi’ setiap calon peserta yang datang.

“Maaf, sudah mendaftar, mana kartu atau identitasnya,” pintanya.

“Bapak tidak bisa masuk, kalau membawa makan atau minum untuk anak, kasih saja kepada petugas. Nanti mereka yang serahkan kepada anak bapak,” ucapnya kepada seorang pria paro baya sambil mengarahkan menungggu di lokasi yang disiapkan pada bagian Selatan sekolah.

Sementara, proses vaksinasi yang dilakukan tim vaksinator dari Puskesmas Kawangkoan, berjalan lancar.

Baca Juga :  Camat Kawangkoan, Eightmi: Ayo Vaksin dan Tak Jenuh Terapkan Protap

Di bawah koordinasi Kepala Puskesmas, dr. Martini Oroh dan Camat Kawangkoan Utara, Fabian DK Mendur, SPt, MM, semua tahapan tracing yang diikuti, berlangsung tanpa diwarnai kerumunan.

“Kami menargetkan 200 anak. Tapi yang datang dan dilayani lebih dari itu,” ujar dokter Martini.

Vaksinasi perdana anak usia 12-17 tahun ini, menurut Kadis Kesehatan Minahasa, dr. Maya Rambitan, MKes ditargetkan hanya 600 anak.

“Tapi animo anak-anak yang sangat besar sehingga melebihi target,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati ROR menyatakan bahwa program vaksinasi covid 19 anak usia 12-17 tahun akan terus berlanjut sebagaimana kelompok masyarakat umum.

Anak-anak yang tak terlayani pada vaksinasi perdana ini akan diprioritaskan dilayani pada program vaksinasi covid 19 berikutnya.

Sedangkan kepada anak-anak yang baru saja menerima vakson dosis pertama, Bupati ROR menganjurkan untuk istirahat, jangan melakukan aktivitas berat.

Penulis: Maxi Heru

 

News Feed