oleh

Lomba Video Animasi BPIP-MPR RI Diumumkan, Senator SBANL Dorong Kreativitas Putra Putri Sulut

Jakarta, Fajarmanado.com –Lomba Video Pendek dan Video Animasi yang digelar bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), akhirnya resmi diumumkan bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021), tadi malam.

Pengumuman pemenang lomba yang berlangsung selang 24-31 Mei 2021 di Jakarta itu, diwarnai sambutan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, SE, MBA, Kepala BPIP Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi, MA, PhD dan Direktur Inspirasi Untuk Bangsa Dr. H. Bambang Sadono, SH, MH.

Khusus lomba video animasi tahun 2021 dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, bertemakan; “Pembumian Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat”.

Berdasarkan penilaian tim juri, keluar sebagai pemenang, dengan judul video, masing-masing, Juara I Kita Indonesia Kita Pancasila (Sudibyo Saputro, Ponorogo, Jawa Timur), Juara II Pembumian Pancasila (Okky Adhipta Purdirandiva, Banda Aceh, Aceh) dan Juara III Garuda (Raja Muda Shohibul Khoir, Bandung, Jawa Barat).

Baca Juga :  Diserahkan Mayjen Jeffry, Panglima TNI Bantu Generator Oksigen Kepada Pemkab Jayawijaya

Tim Juri Kehormatan Final Video Animasi tersebut, terdiri dari Prof. Dr. Hariyono, M.Pd dari BPIP, Dr. Ani Purwati, SH, MHum (BPIP), Dr. H. Bambang Sadono, SH,MH (Direktur Inspirasi Untuk Bangsa), Ir. Stefanus B.A.N Liow, MAP (MPR RI), dan Moreno Soeprapto juga dari MPR RI.

Salah satu Tim Juri Kehormatan, Ir Stefanus BAN Liow, MAP mengatakan lomba ini dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila sekaligus dalan upaya pembumian Pancasila di tengah kehidupan berbangsa.

Senator SBANL, sapaan akrab anggota DPD RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara (Sulut) ini menyatakan sangat mengharapkan agar kreaktif anak bangsa terus ditingkatkan dalam Pembumian Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara.

“Jika tahun 2021 ini belum ada finalis dari Sulut, maka di waktu mendatang, saya mendorong kreaktif anak bangsa putra putri dari Sulut akan ditampilkan dipanggung nasional,” katanya.

Baca Juga :  Senator SBANL Buka Pelatihan Perikanan di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Di tempat terpisah, sejumlah kalangan masyarakat menilai bahwa ditunjuk Senator SBANL sebagai salah satu Tim Juri Kehormatan Final Video Animasi merupakan suatu kepercayaan, kebanggaan dan prestasi tersendiri, apalagi penilaian secara substansial.

Lebih dari itu, tampilnya Senator SBANL sebagai salahsatu juri kehormatan setidaknya membuka jalan bagi putra putri Sulut mengikuti lomba yang sama tahun depan.

Setidaknya, kata mereka, senator SBANL bisa menjadi tempat bertanya bagaimana mengembangkan kreativitas diri dalam mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sesungguhnya melalui video, baik video pendek maupun video animasi yang dilombakan oleh BPIP dan MPR RI setiap memperingati Hari Lahir Pancasila.

Penulis: Herly Umbas

News Feed