oleh

Gelar Pertemuan Bersama Hukum Tua, Jimmy Kuhu Ingatkan Soal Koordinasi

Airmadidi,Fajarmanado.com – Sekretaris Daerah Minahasa Utara Jimmy Kuhu mengingatkan kepada seluruh hukum tua untuk mengedepankan koordinasi dan komunikasi dengan camat dalam pengambilan keputusan startegis guna menghindari terjadinya penyalahgunaan kewenangan atau kebijakan yang menyalahi aturan.

Hal ini dikatakan Jimmy Kuhu saat menggelar pertemuan dengan seluruh hukum tua di Minahasa Utara melaui rapat koordinasi bidang pemerintahan yang digelar di pendopo kantor Bupati,Selasa (1/6). Ia mengatakan, koordinasi dengan kepala kecamatan sangat penting dilakukan untuk menghindari kesalahan atau pelanggaran terhadap aturan dalam pengambilan keputusan, seperti yang santer terjadi saat ini terkait pergantian perangkat desa yang dilakukan oleh hukum tua definitif maupun penjabat.

“Dalam setiap pengambilan keputusan strategis, hukum tua dan lurah harus berkoordinasi dengan camat agar tidak salah daam mengambilan keputusan. Ini sangat penting karena berbagai persoalan di desa yang terjadi saat ini akibat tidak adanya komunikasi dan koordinasi antara hukum tua dan camat.”tegas Kuhu.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh hukum tua untuk taat aturan dan disiplin dalam penggunaan dana desa agar tidak bermasalah hukum. Setiap kegiatan yang menggunakan dana desa, alokasi dana desa dan bagi hasil pajak harus dikelola dengan baik demi mendukung program pemerintahan Bupati Joune Ganda dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Sementara kepala dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Alpert Pusungulaa pada kesempatan itu menghimbau kepada hukum tua yang belum melakukan evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk segera melakukan evaluasi agar proses pencairan dana desa dan gaji perangkat desa bisa segera dicairkan.

“Sampai saat ini masih ada desa yang belukan evaluasi APBDes, untuk itu saya menghimbau kepada hukum tua segera melakukan evaluasi agar kegiatan yang dibiayai dana desa bisa terlaksana dan gaji perangkat desa bisa segera terbayarkan.”tutur Pusungulaa.

Hadir dalam pertmuan tersebut, kepala kejaksaan negeri Minahasa Utara Fanny Widyastuti, Kasi Intel Juan Palempung, asisten I dr. Jane Simon, asisten II Allan Mingkid, staf ahli bupati, para camat serta seluruh hukum tua se Minahasa Utara.(Joel)

News Feed