oleh

Rintis Kebangkitan Tenis Meja di Sulut, Ini Hasil Lengkap ODSK Cup 2021

Manado, Fajarmanado.com – Kejuaraan terbuka Tenis Meja ODSK CUP 2021 yang berakhir Minggu (30/5/2021) diwarnai kejutan-kejutan.

Berlangsung sejak Kamis, 26 Mei 2021 di Hall Indoor Kantor Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Manado, tak diprediksi sebelumnya, Wasian Table Tennis Academy (WTTA), klub tenis meja dari Desa Wasian, Minahasa Utara (Minut) berhasil menyabet medali terbanyak.

Namun demikian, klub JP (Jimmy Panelewen) berhasil tampil sebagai juara umum dengan memborong medali emas atau meraih juara di empat kategori yang dipertandingkan.

Sementara prestasi prima yang diraih WTTA, klub yang dikomandani Danny Rotinsulu, karyawan salahsatu perusahaan minyak di Arab Saudi ini, dengan merebut total 10 medali.

Kejutan lain, diukir atlet pendatang baru, Tabitha Dotulong. Gadis 12 tahun dari klub WTTA ini berhasil merebut dua gelar juara sekaligus. Yaitu, nomor Pemula Putri dan Kadet Putri.

Atas prestasi mengejutkannya, Tabitha oleh penonton turnamen tersebut, akhirnya diketahui sebagai cucu Pendeta Lieke Dondokambey, yang tak kakak kandung Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Ayah merangkap pelatih Tabitha, Reza Dotulong mengakui putrinya itu berminat tinggi pada cabor tenis meja.

“Prestasi itu diraih tidak mudah, karena ia rajin berlatih pagi sore serta tekun instruksi pelatih,” ujar Reza yang dikenal sebagai tokoh muda bersama Ronny Idy Ticoalu berperan selaku pionir dan penggerak cabor pingpong di Minahasa Utara.

Kejuaraan ODSK Cup yang berhadiah total Rp 51,5 juta ini dibagi dalam sepuluh kategori, diikuti ratusan atlit tenis meja putra putri, dari nomor Pemula, Kadet, Yunior, Senior, Beregu dan Undangan Eksekutif.

Terdaftar, ada sekitar 20 klub (Perkumpulan Tenis Meja/PTM] bertarung dalam nomor regu.

Klub WTTA dengan tim pelatih diketuai Tonny Panelewen SH, dibantu Mikael Nyonyo Kalangi tak tanggung tanggung menurunkan 25 petenis meja yang didominasi atlit atlit cilik asal Desa Wasian.

Menurut coach Tonny, yang juga satu satunya di Sulut pemegang sertifikat pelatih level internasional dari ITTF ini, mengakui prestasi anak asuh tak lepas peran serta super aktif dari owner Danny Rotinsulu, orang tua dan Hukum Tua Desa Wasian.

“Dukungan yang besar dari merekalah sehingga prestasi bisa diraih,” ujar pelatih yang turut mengantar petenis meja asal Manado, Rio Poiyo menjadi atlit nasional ranking dua Indonesia saat ini.

Tabitha Dotulong, petenis belia 12 tahun yang meraih dua gelar menerima hadiah dari Kadispora Sulut, Drs. Marcel Sendoh di Hall Indoor Kantor Gubernur Sulut, Manado, Minggu pagi (30/5/2021)

Dari hasil yang diperoleh, klub WTTA memborong sepuluh gelar yaitu Juara satu sampai tiga di kelas Pemula Putra, Pemula Putri dan Kadet Putri serta Juara Dua Senior Putri yaitu Jade Mumbunan, yang selama tiga tahun vacum ikut turnamen karena tuntutan studi yang tak boleh ditinggalkan.

Kejuaraan ODSK ini diprakarsai Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Sulut dan ditopang inisiator Dr. Jemmy S.Kumendong (JSK) yang dikenal sebagai penggiat fanatik pingpong. JSK sendir ditunjuk Ketua Pelaksana Harian PB PTMSI Sulut oleh Ketuanya, Andre Angouw.

Penggiat tenis meja sekaligus wartawan senior Sulut, Ramon Wowor sebagai pemerhati dan pengamat, menyebutkan, perkembangan cabor tenis meja Sulut mulai menggeliat sejak diadakan Kejuaraan Tm ODSK tiga tahun lalu.

ODSK Cup diprakarsai pejabat teras kantor Gubernur Sulut, Dr. Jemmy S. Kumendong yang biasa dikenal panggilan JSK ini telah menjadi ajang kebangkitan kembali prestasi tenis meja di Sulut.

Apalagi, katanya, pada bulan Mei ini, Kejuaraan Tenis Meja ODSK semakin semarak karena peserta mencapai ratusan atlit mulai dari atlit cilik hingga yang senior.

Klub-klub mengirimkan atlit pesertanya semakin banyak, sebagian besar disponsori tokoh tokoh Sulut.

Semisal, dokter Jimmy Panelewen (Dirut RS Kandouw Malalayang), Yus Mononutu (mantan Sekwan DPRD Sulut), JSK (pejabat / Kepala Biro Kantor Gubernur), Novi Pelealu (pengusaha), Jemmy Sako (pejabat Bolmong), Marcelino Lomban (mantan Kadis Koperasi Sulut), Ronny Ticoalu (pengusaha muda Minut), Reza Dotulong dan Danny Rotinsulu (eksekutif perusahaan minyak di Arab Saudi).

Tokoh penting dalam kancah kemajuan cabor tenis meja ini, tak lepas perhatian yang sangat besar dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Wagub Drs. Steven kandouw, Kadispora Drs Marcel Sendoh, Sekum KONI Sulut, Tonny Kullit. Termasuk Ketua PB PTMSI Sulut, Andre Angouw yang belum lama ini dilantik menjadi Wali Kota Manado.

“Yang pasti kehadiran dan perhatian tokoh tokoh eksekutif ini menjadi perintis bangkitnya tenis meja di Sulut, terutama pembinaan kepada atlit atlit muda belia,” ujar Ramon, yang dikenal juga sebagai wartawan olah raga ini.

Hasil pertandingan :
PEMULA PUTRA : JUARA 1. JASSLE WAHIU. 2. YEHUDA KOLOMPOY. 3.MOHTAR HABU dan LEONAL TAMBUURIN.

PEMULA PUTRI : JUARA 1.TABTHA DOTULONG. 2. QUEEN WAURAN. 3. AVRIL RORING dan REJOICE DOTULONG.

KADET PUTRA : JUARA 1.YONATHAN WONGKAR. 2. GERALDY RAMBI. 3. FARID RAMBI dan NADIO ROMPAS.

KADET PUTRI : JUARA 1. TABITHA DOTULONG. 2. YEMIMA TAROREH. 3. MEMEY RORING dan PRAYSI MAKALELO.

YUNIOR PUTRA : JUARA 1. NADIO ROMPAS. 2. YONATHAN WONGKAR. 3. GERALDY RAMBI dan NOEL KASINGKU.

YUNIOR PUTRI. : JUARA 1. CHRISTY PAKASI. 2. PRAYSI SULANDI. 3. DELAVIA WOLAYAN dan SITI UMAR.

TUNGGAL PUTRA A : JUARA 1. NOEL KASINKU. 2.JACK ROMPAS. 3. KRISTIAN ARKIAN dan REVIVAL RUUSEN.

TUNGGAL PUTRA B : JUARA 1. RANDA. 2. FIAN MASAKO. 3. YUAN TALOKO dan JEMMY SUMENDAP.

TUNGGAL PUTRI UMUM : JUARA 1. ASTRID DAMAYANTI. 2. JADE MUMBUNAN. 3. WINDA KATILI dan CHRISTI PAKASI.

EXECUTIVE : JUARA 1. JEMMY SAKO. 2. JEMMY KUMENDONG. 3. JIMMY PANELEWEN dan JAMES KOLIBU.

BEREGU : JUARA 1. JP A. 2. NTP B. 3. JP B dan NTP A.

Editor: Herly Umbas

 

News Feed