oleh

Cuaca Ekstrim, Kapolres Henzly Ingatkan Waspadai Bencana Alam dan Kebakaran

Tondano, Fajarmanado.com – Kapolres Minahasa, AKBP Henzly Moningkey, SIK, MSi mengingatkan masyarakat untuk senantiasa mewaspadai bencana alam dan kebakaran. 

Cuaca Ekstrim akhir-akhir ini berpotensi menyebabkan bencana alam tanah longsor, pohon tumbang dan banjir maupun bencana kebakaran lahan, hutan dan rumah penduduk.

Kapolres Henzly Moningkey mengingatkan hal tersebut saat memimpin apel di Lapangan Makopolres Minahasa, Tondano, Senin (1/3/2021).

Di depan jajaran Polres Minahasa, AKBP henzly mengingatkan agar jajarannya selalu siap siaga 1x 24 jam dan selalu memonitor wilayah masing-masing berkaitan dengan kondisi cuaca yang akhir akhir ini tergolong sangat ekstrim.

Hujan deras disertai angin, lanjutnya, bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor.

Cuaca esktrim, menurut dia, juga dapat memicu terjadinya angin puting beliung yang datang tanpa dipredisikan awal.

Polres Minahasa dan jajaran, lanjutnya, harus terus siaga menghadapi segala kemungkinan ancaman bencana alam.

“Namun semua ini akan juga kita lakukan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa dan TNI dalam menanggulangi ancaman  bencana alam tersebut, terutama cara-cara mengevakuasi para korban bencana serta mencari tempat untuk mereabilitasi masyarakat atau warga yang terkena dampak bencana alam,” ujarnya.

Delain bencana alam banjir dan tanah longsor di waktu hujan, Kapolres Henzly mengatakan, mengantisipasi kemarau atau musim panas berkepanjangan harus siap dilakukan.

Kemarau panjang berpotensi terjadi kebakaran hutan. “Oleh karena itu Polres Minahasa akan melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran lahan atau hutan dari dampak musim panas atau kemarau panjang tersebut,” ucapnya.

Upaya penanggulangan dan penanganan bencana, menjadi tugas bersama, pemerintah,  Polri dan TNI maupun masyarakat.

Penulis: Jefry Uno

News Feed